SOSIAL MEDIA FACEBOOK DLL SEBAGAI KONTROL SOSIAL KITA

Jauh sebelum ada Sosmed(Sosial Media)seperti Facebook,twitter,dll,sebenarnya juga ada namun hanya sebatas hiburan/perkenalan saja,seperti Friendster,Yahoo Massengers,atau group group milis(email group),namun tidak seheboh seperti sekarang,bisa jadi mungkin jaman itu hanya orang orang tertentu saja yang punya akses ‘’internet’’,selain masih tergolong mahal juga akses jaringan yang terbatas.

Di Jaman sekarang tentu sangat jauh berbeda dengan segala kemudahan dan perkembangan internet yang sangat mutakhir,maka sosmed atau sosial media pun menjadi sebuah kebutuhan untuk berkomunikasi,dan secara tidak langsung sumber informasipun hampir tanpa batas.

Dengan jutaan orang mengetahuii sumber informasi yang sama maka akan terbentuk ‘’opini’’yang kemudian menjadi kontrol sosial dan ini tak bisa di batasi,itu sama halnya saat kita melihat korban banjir,dengan serempak bersimpati,lalu melakukan aksi sosial seperti sumbangan /bakti sosial dsb,sebagai bentuk dari rasa’’empati’’.,kemudian mampu mengetuk hati yang lain misalnya lembaga lembaga formal/non formal atau masyarakat lainnya.

Saat informasi terkuak dan menjadi konsumsi public,maka sulit untuk menutupinya,sehingga akan timbul efek ‘’hati hati’’terhadap suatu hal yang di lakukan,apabila nekad tanggung resiko ,akan menjadi sebuah berita dan viral,!(informasi,di sosmed itu seperti ''snowball'',bola salju yg menggelinding,makin lama makin membesar ,sampai si bola salju berhenti,berhenti dengan sendirinya. ). 

Jadi kalau kita ambil sisi manfaat micro nya sebenar nya Sosmed ini kontrol sosial terhadap diri kita,tinggal kita yang mengambil keputusan,apakah informasi positif atau negatif yg akan muncul.lalu juga secara makro dapat menjadi kontrol sosial masyarakat terhadap pemerintah,atau kepada siapa saja,termasuk menjadi ''Polisi'' pada ‘’diri kita sendiri’
 
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2017 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger
-->