BEGARAKAN SAHUR DAN MALAM SELIKUR DIBULAN RAMADHAN DITAHUN 70-80 AN !!

Serasa masih masih segar dalam ingatanku,walau sudah berlalu sekian puluh tahun yang silam ,mungkin sekitar 30-35 tahun yang silam selagi kampung kami belum terjamah oleh penerangan listrik/PLN,dan jika bulan Ramadhan tiba,suasana kampung yang hangat dan lugu masih sangatlah terasa sekali.Ingin rasanya kembali kemasa-masa itu .

Lalu mengapa ingin kembali??,karena saat saat itu suasana ramadhan sangat terasa sekali,dan suatu yang sangatlah ditunggu oleh kami anak anak kala itu,misalnya saja kalau di malam hari  ada kegiatan yang namanya''Begarakan sahur''alias''bearak'',keliling kampung dengan teman teman sebaya.
Laduman(Bamboo Cannon)salah satu permainan di bulan Puasa tempo doeloe.photo By twycy.com

Kalau malam usai tarawih,selalu ada kegiatan kegiatan tadarrus dll,dan kemudian biasanya kami sekitar jam,00 sudah mulai pemanasan ''bearakan'',ahaha!!,maklum saja suasana kampung kalau semakin menjelang pagi malah suasana tidak terlalu greget,jadi menjelang lewat jam 00(dinihari),kami sudah start dalam ''begarakan sahur tersebut.

Beberapa hal yang sering kami lakukan dalam bulan ramadhan di tahun 70-80an ,biasanya kami selalu bermain ''laduman''atau meriam bambu(bamboo cannon),biasanya siang hari hingga jelang sore,kemudian dilanjutkan setelah buka puasa,dan setelah tarawih,sekarang agak sulit karena ''minyak tanah/gas sebagai bahan pembakarnya sulit di dapatkan,jadi permainan ini nampaknya sudah jarang terlihat,bahkan hampir gak ada lagi,dan digantikan semacam kembang api/petasan.

Lalu adalagi kegiatan yang juga ditunggu tunggu yaitu kalau menjelang 9 malam terakhir ramadhan,biasanya ada yang disebut ''malam selikur''atau pelikuran,karena bulan sudah mulai gelap gulita,cahaya bulan sudah tidak ada lagi,dan tiap rumah membuat lampu ''pelikuran'',dari bambu atau kaleng bekas.

Tentu masih banyak lagi kenangan kenangan indah kegiatan/permainan anak anak di jaman kami kami masih belia/remaja dulu sekitar tahun 70-80an,dan semoga ada manfaatnya sekedar bernostalgia saja,sekian salam blogger.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger