SEKILAS DENGAN PEMBAGIAN BUNGA PADA TUMBUHAN !!

Salah satu yang punya peran penting di dalam perkembangan tumbuhan adalah ''bunga'',kenapa bunga sangat penting ?karena fungsi bunga adalah sebagai ''pembentuk sel kelamin''bagi tumbuhan dan bunga yang lengkap adalah bunga yang mempunyai kelopak,mahkota,benang sari dan puitk/kepala putik.

Lalu ada lagi yang di sebut dengan bunga yang tak lengkap,misalnya bunga rambutan(nephelium Lappaceum)yang tidak mempunyai mahkota,lalu kemudian yang tidak mempunyai mahkota, bunga lada (piper nigrum),tidak mempunyai kelopak dan mahkota,sehingga jika salah satu tidak ada misalnya benang sari dan putik,maka ia disebut bunga tak sempurna.


 Pembagian bunga pada tumbuhan
Kemudian ada lagi yang disebut dengan bunga jantan:Bila bunga tersebut hanya mempunyai benang sari saja,dan kalau bunga betina,bila hanya mempunyai putik/kepala putik saja,dan bila mempunyai keduannya benang sari dan utik maka disebut bunga sempurna(bunga hermaprodit).

Lalu ada yang disebut  dengan tumbuhan berumah satu:yaitu bila bunga jantan,bila antara bunga jantan dan bunga betina,terdapat dalam satu tumbuhan,dapat kita contohkan misalnya yang ada di dalam tumbuhan ,Jagung(Zea mays) dan kelapa(Cococ nucifera).


Adalagi yang disebut dengan tumbuhan berumah dua:apabila bunga jantan dan bunga betina tidak terdapat dalam satu pohon/tumbuhan,dapat kita contoh kan pada tanaman pohon Salak(Salacca Edulis)dan Pala(Myristiga fragrans).
Itulah sekilas dengan pembagian tentang bunga pada tanaman/tumbuhan dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger