LANGKAH LANGKAH DALAM PENELITIAN BIOLOGI !!

Dalam pemecahan masalah Biologi terdapat enam langkah untuk menentukan metode ilmiah,karena biologi merupakan cabang ilmu pengetahuan alam,kemudian untuk mengetahui dan memecahkan masalah masalah yang timbul dalam biologi,tahapan ilmiah dalam biologi adalah sebagai berikut :

(1).Tahapan menentukan masalah:Untuk melakukan suatu penelitian,pertama tama harus ditentukan adalah pokok permasalahannya terlebih dahulu.

(2).Observasi(pengamatan):Pengamatan dapat dilakukan,secara langsung/secara kepustakaan(membaca buku).

(3).Menentukan hipotesis:Hypotesis merupakan dugaan sementara,yang dibuktikan kebenarannya dari hasil ekprimen(hasil penelitian).

(4).Melakukan eksprimen(percobaan):Eksprimen dapat dilakukan di lab,atau juga di alam,eksprimen merupakan pengujian kebenaran hipotesis,dengan melakukan rangkaian percobaan.

(5).Pengumpulan data:Data data dari hasil eksprimen,diolah secara statistik(umumnya)yang hasil dari analisa,untuk menarik suatu kesimpulan.
(6).Menarik kesimpulan :Dari hasil analisa data yang di dapat dari eksprimen,maka dapat ditarik suatu kesimpulan,kesimpulan merupakan suatu ringkasan hasil akhir dari suatu analisa,dari sebuah penelitian yang dilakukan

Kemudian dari kesimpulan tadi,akan dapat beberapa teori teori baru, sebab kemungkinan  hipotesis  timbul kemungkinan ditolak/diterima,dan hipotesa itu sendiri merupakan,pengamatan sekilas,berdasarkan anggapan umum,atau teori teori yang sudah ada,dengan waktu/lingkungan yang berbeda,disaat mulai melakukan penelitian.

Itulah enam langkah yang kita lakukan apabila ingin melakukan suatu peneltian tentang suatu permasalahan dalam bidang biology,dan semoga ada manfaatnya ,untuk kita sekalian.,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger