WISATA KE ACEH JAYA DI PROVENSI ACEH NANGGROE DARUSSALAM YANG ELOK

Nanggroe Aceh Darussalam sekarang kita jalan jalan kesebuah wilayah di provensi NAD yang juga sangat mempesona untuk KITA sambangi/dikunjungi,sebagai tujuan wisata kita,namanya kabupaten Aceh Jaya,sebelumnya wilayah ini adalah tergabung dalam wilayah Aceh Barat dengan adanya pemekaran wilayah maka lahirlah kabupaten Aceh Jaya ini.

Aceh jaya berbatasan dengan wilayah Aceh besar,sedangkan disebelah baratnya,langsung di batasi oleh samudera Hindia,dan daerah pesisir barat inilah yang kerap mendapat julukan wilayah dengan pantai  tercantik di Aceh.

Sejak abad ke 18 wilayah ini sudah populer hingga ke mancanegara,dan juga sebagai tempat persinggahan kapal kapal dagang dari Amerika,Eropa,dll,sehingga dalam sebuah catatan pada buku perjalanan''The contest for North Sumatera,Atjeh,the Netherlands and Britain(1858-1898).

Dalam catatan ''Anthony Reid'',bahwasanya pada tahun 1820,wilayah ini sebagai penghasil lada dan hasil perkebunan tersbeut di bawa ke Amerika Serikat(Massachusetts,),akan kejayaan itu tinggal kenangan saja lagi karena adanya bencana bencana  alam,gelombang pasang,tanah longsor dan banjir,sehingga membuat wilayah wilayah perkebunan itu lumpuh.

SALAH SATU PANTAI DI ACEH JAYA(photo by:Youtube)
Akan tetapi untuk wilayah wilayah tempat wisata ,tetap masih menyimpan keindahan keindahan yang sangat mempesona,yang patut anda kunjungi,sayang bila sudah berada di wilayah Aceh Jaya,tidak menyambangi tempat tempat indah di wilayah Aceh jaya tersebut.

Kemudian ada yang menarik di wilayah Aceh Jaya ini,khususnya di kecamatan Jaya,,anda akan menemukan sosok sosok warga kecamatan Jaya yang seperti orang orang Eropa,baik wanita ataupun pria ataupun anak anak,mereka adalah keturunan dari bangsa Portugis,dengan mata biru,kulit putih(seperti orang bule),mereka adalah warga warga Aceh Jaya.

Menurut ceritanya jaman dahulu ada sebuah kapal Portugis yang ditawan oleh kerajaan wilayah ini,dan sebagian anak kapalnya yang sudah lama berbaur dengan warga,ada yang kawin dengan wanita/pria pribumi dan mereka enggan untuk pulang ke tanah leluhur mereka sebagian lagi  memeluk agama Islam ,jadilah keturunan bule,,tidak sulit menemukan mereka,dekat pasar Patek lintasan Banda Aceh-Meulaboh .
Cat:Salah satu teman saya seorang Doktor kebetulan pernah bertugas di Aceh Jaya, ,ia sambil''berkelakar/guyon,katanya ,kalau ingin melihat gadis gadis secantik,,Cut,,,,,,(bintang pilm),,itu disini(maksudnya Aceh Jaya)...!!,,kalau di fikir fikir ada benarnya juga,,karena mereka Indo/blasteran Melayu+Portugis.(saya coba browsing di Oom Google dengan kata kunci,,'gadis Aceh Jaya turunan Portugis,,,dan ternyata memang benar,,seperti yang dikatakan oleh teman saya tersebut).

Itulah sekilas dengan kabupaten Aceh jaya,sebuah wilayah di NAD,yang patut anda sambangi sebagai tujuan wisata anda dan keluarga,,Ok,be happy you Tours,dan sampai jumpa di tempat wisata lainnya,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger