TIGA PEMBAGIAN ASAL TERJADINYA LAUT ATAU LAUTAN !!

Mari kita sekilas dengan melihat dengan pembagian laut,dan menurut terjadi nya laut dapat dibedakan dengan tiga bagian antara lain adalah,Ingresi,Transgresi,dan Regresi,sekarang mari kita paparkan satu persatu,walaupun singkat singkat saja namun cukup untuk memahaminya.

Kita mulai dengan istilah Ingresi :Adalah laut yang sangat dalam atau bagian laut yang terdalam,akibat dari dasar laut yang mengalami penurunan,salah satunya karena terjadi ''patahan laut''dapat kita ambil contoh misalnya adalah laut Banda(7.400m),laut Jepang(4.000m),dan laut tengah (4.400m).dll.


contoh dari Laut Regresi
Kemudian ada lagi istilah Transgresi:Adalah akibat dari permukaan laut yang naik,dan permukaan daratan turun,dan menyebabkan daratan yang rendah tersebut tergenang air.Hal ini terjadi pada jaman glasial(jaman Es mencair jutaan tahun yang lalu),mencairnya salju/es di kutub utara,dapat kita ambil contoh misalnya,laut Jawa,laut Arafura dan laut Utara.dll.

Lalu ada lagi istilah laut Regresi:Adalah karena permukaan laut yang turun,akibatnya naiknya permukaan/daratan(sebenarnya permukaan air laut itu tetap,namun yang naik adalah daratannya),namun juga sebaliknya dapat saja terjadi karena penurunan permukaan air laut sedang daratannya tetap.Dan akibatnya laut dapat menyempit,dan ini terjadi pada jaman es(masa Diluvium),misalnya saja dangkalan Sahul dan dangkalan Sunda dulunya adalah wilayah kering(seperti daratan),dan kemudian digenangi air laut,dan tidak dalam (dangkal).

Konon karena adanya sifat alam ini(maksudnya regresi),beberapa pendapat mengatakan bahwa dulunnya antara Jawa dan Sumatera adalah satu kesatuan,kemudian juga antara Australia dengan Amerika bagian Selatan,wallahualam.
Demikinalah sekilas dengan pembagian asal mulanya lautan/laut yang ada di bumi kita ini dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

1 komentar :

http://www.alfiforever.com/2015/12/tiga-pembagian-asal-terjadinya-laut.html

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger