TIGA GEJALA OPTIK ANGKASA YANG PERLU KITA KETAHUI !

Kalau kita melihat fenomena di angkasa raya,tentu sangat menakjubkan,misal saja pada siang hari kita melihat awan awan yang bergerak,atau sebuah pelangi yang warna warni,dll,nah di angkasa raya ada yang disebut dengan yang namanya''gejala optik''.Beberapa gejala optik yang terjadi di angkasa antara lain adalah,Halo,Fatamorgana dan Pelangi,sekarang mari kita paparkan secara singkat tentang ketiga istilah dimaksud.

Halo adalah :Adalah lingkaran sinar yang mengelilingi bulan atau matahari,ini terjadi karena sinar bulan atau matahari menembus kristal kristal es di awan yang sangat tinggi dan kemudian sinar tersebut dibiaskan oleh kristal es tersebut.Untuk melihat halo matahari pada siang hari kadang terlihat dengan memakai kacamata hitam,juga pada halo bulan bila sudut antara halo dan bulan berkisar antara 22 drajat,dengan warna agak putih kemerahan.

PELANGI SALAH SATU GEJALA OPTIK ALAM(ANGKASA)
Lalu ada yang disebut dengan ''fatamorgana''adalah:karena terjadi pembiasan optik sinar matahari,oleh lapisan udara sekitarnya dengan kerapatan yang berbeda,sehingga saat seseorang sedang berada di tengah gurun pasir akan melihat seperti ada air(ilusi air),coba kita saat hari panas dan pandang jalan yang ber aspal,agak lama. Maka akan terlihat seperti kabut kabut tipis warnanya agak putih,lama lama akan seperti genangan air,itulah ilusi fatamorgana .

Kemudian ''pelangi'',kita sering melihat pelangi ,bukan !juga termasuk dalam optik angkasa(gejala optik),karena adanya pantulan dari sinar matahari dan dipantulkan kembali oleh titik titik air di udara,maka akan timbul ''spektrum''warna merah,jingga,kuning,hijau,biru dan nila.

 Biasanya terjadi setelah hujan reda matahari bersinar kembali,bila saat itu ''sore''maka pelanginya akan nampak di sebelah ''timur'',lalu kalau itu ''pagi'',maka pelangi nya akan terlihat di sebelah 'barat''(akan tetapi tidak semuanya wilayah dapat melihat gejala alam tersebut.
Itulah sekilas dengan gejala optik angkasa,demikian dan semoga  ada manfaatnya, sekian salam.
Cat:Sekedar di ketahui kadang penulisan ''fatamorgana''menjadi''faktamorgana'',nah yang benar adalah''fatamorgana''
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger