MENGAPA BISA TERJADI ARUS DI LAUT ??

Kita mengenal istilah ''arus laut'',apakah yang dimaksud dengan arus laut?adalah gerakan air laut yang sangat luas dan dengan arah yang tetap dan teratur,kemudian arus itu terbagi dua bagian ada yang disebut dengan arus atas dan arus bawah permukaan laut.

Menurut letaknya arus laut terbagi dua bagian,arus atas laut dan arus bawah laut,kemudian juga menurut suhunya terbagi menjadi dua bagian ,ada yang disebut arus panas dan ada yang disebut arus dingin.
-Arus panas :Adalah arus laut yang suhunya lebih tinggi dari air laut sekitar tersebut.
-Arus dingin :adalah arus yang suhunya lebih dingin dari air laut sekitar tersebut.
Lalu mengapa terjadi arus laut??,arus laut terjadi karena beberapa sebab antara lain adalah :

(1).Karena adanya angin yang berhembus secara teratur dan terus menerus di permukaan laut,dan juga menyebabkan terjadi gelombang/ombak di laut tersebut,adapun  angin yang bertiup juga ada beberapa macam yang dapat menyebabkan terjadi arus laut misalnya saja adalah:

(a).Angin Pasat :Angin yang bertiup dan arahnya tetap dan menimbulkan arus di laut,misalnya arus Tenggara atau arus timur laut.

(b).Angin Barat :Adalah angin yang bertiup yang arahnya tetap,dari barat,sehingga menimbulkan terjdinya  arus barat di laut.

(c).Angin Muson : Adalah angin yang berganti arah tiupan setiap enam bulan sekali antara bulan April-Oktober,maka bertiup angin barat laut,sedang kebalikannya antara Oktober-April bertiup angin tenggara,sehingga perubahan angin ini menyebabkan terjadinya arus laut barat dan Timur.

Kemudian selain karena angin,arus laut juga dapat terjadi karena perbedaan kadar garam/berat jenis air yang ada di laut,sehingga walaupun tidak ada gerakan angin tersebut diatas,dapat saja terjadi arus laut akibat dari perbedaan berat jenis air tadi (namum sifatnya hanya lokal),sekitar wilayah tersebut  saja,misalnya air yang berat jenis lebih kecil akan mengalir pada air laut yang berat jenisnya lebih besar ,begitu pula sebaliknya,,nah ! aliran aliran inilah yang menjadi sebuah arus di laut !

Lalu juga arus laut dapat disebabkan oleh karena adanya pasang surut ,misalnya pada bulan penuh(purnama)atau di sebut air pasang ''Perbani'',juga dapat menyebabkan terjadi  arus laut,,itulah sekilas tentang mengapa terjadinya arus laut!!,sekian semoga info singkat ini dapat manfaat untuk kita sekalian ,salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger