JENIS JENIS PANTAI YANG PERLU KITA KETAHUI !

Kalau tadi kita
sekilas mengulas tentang zona laut serta sungai,sekarang kita mengulas sekilas dengan beberapa macam zona pantai,karena antara pantai dan laut sama halnya ikan dan air,kira kira begitulah.


Lalu pantai adalah semacam garis demarkasi antara daratan dan laut/lautan,dan pantai dapat dibedakan dengan beberapa bagian ,dan terjadinya pantai itu !,misalnya saja ada yang disebut dengan

(1).Pantai Skeren :Pantai Skeren menyerupai pantai fyord,akan tetapi lekukannya tidak terlalu jauh ke dalam/kedaratan,sedang dimuka (hadapan)pantai biasanya terdapat pulau pulau kecil/semacam delta delta,yang berbatu batuan.

(2).Pantai Fyord :Adalah semacam pantai yang memiliki lekukan yang menjorok jauh kedalam daratan,sepertinya menjadi teluk sempit,kemudian kiri kanannya terdapat tebing tebing curam,dan lembahnya seperti leter''U''pantai fyord berbatasan dengan laut ,akan tetapi pada batasan yang dangkal,menurut sejarahnya pantai ini terjadi di jaman Es,pantai pantai banyak terdapat di daerah utara Eropa.

(3).Pantai Ria :Adalah semacam pantai yang mirip dengan pantai Fyord,akan tetapi mempunyai lembah yang dangkal(tidak dalam),juga tebing tebingnya tidak securam pantai fyord,tetapi muara pantai lebih besar(luas),,dan lembahnya terjadi karena genangan air biasa,bukan karena gletser.(biasanya terdapat pada pantai pantai yang ada di teluk(cocok untuk rekreasi).

(4).Pantai Pasir/bukit pasir:Adalah pantai yang terjadi karena adanya pasang surut air laut atau tiupan angin,karena tiupan angin tadi kemudian membawa pasir pasir ke daratan,sehingga terjadilah semacam pantai(biasanya banyak terdapat pasir),dan bila pantai itu surut maka akan terlihat gundukan gundukan pasir,seperti bukit bukit pasir,seperti pantai Parang Tritis di Jokjakarta.

(5).Pantai Danau/Lagune:Adalah sebuah pantai yang mempunyai semacam''haff''(danau di pantai)karena di depan pantai pantai ada endapan pasir,membuat air laut terhalang(menjadi danau),sehingga air danaunya juga terasa''payau''.Endapan pasir dan tanah yang menghalangi air laut itu disebut''nehrung''.

(6).Pantai Liman:Adalah pantai yang terdapat pada teluk kecil,biasanya pada muara sungai,terjadi karena dsar sungai yang mengalami erosi/penurunan. 

(7).Pantai Estuarium :Adalah sebauh pantai yang agak mirip dengan pantai liman,juga terdapat di sekitar muara sungai ,namun muara yang lebih lebar,terjadi karena muara sungai yang mengalami penurunan karena akibat pasang surut,dan tergenang air laut.

(8).Pantai Delta :Pantai Delta biasanya juga terdapat pada muar sungai,yang agak landai dengan ombak yang tidak terlalu besar,kondisi ini membuat material hasil erosi di sekitar mengendap,maka teradilah pantai delta,seperti pantai delta sungai Mahakam.

(9).Pantai Karang(Coral Beach):Adalah pantai pantai yang terdapat pada garis pantai dimana terdapat pulau pulau karangnya,pantai pantai ini biasanya tidak cocok untuk pelabuhan kapal .

Itulah sembilan jenis pantai yang terdapat di laut,tinggal kita melihat bagaimana bentuk dan rupa pantai tersebut,sedangkan posisi pantai dapat di bagi menjadi beberapa BAGIAN ,antara lain :

(a).Pantai Konkordan :Adalah pantai yang letaknya sejajar dengan pegunungan yang memanjang di sekitar pantai,contoh pantai Bukit barisan di Sumatera
(b).Pantai Diskordan :Adalah pantai yang melintang terhadap pegunungan,yang ada di tepi pantai,seperti garis tegak lurus .
(c).Pantai Netral :Adalah pantai yang tidak berdekatan dengan wilayah pegunungan,akan tetapi dekat dengan dataran rendah/dataran tinggi atau plateau.
Demikian dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger