EMPAT MOTIVASI DIRI YANG PERLU KITA KETAHUI !!

Motivasi mendengar kata kata ini,tentu kita akan mengaitkan nya dengan sebuah semangat ,dalam dunia psikologi pendidikan kita mengenal beberapa bentuk /kelompok motivasi misalnya saja menurut pendapat dari ''Biggs dan Telfer''.

Adapun beberapa motivasi tersebut adalah sebagai berikut:
-Motivasi Intrinsik.
-Motivasi  Instrumental
-Motivasi sosial
-Motivasi prestasi
 
I.Motivasi Intrinsik :Adalah sebuah motivasi yang terbangkitkan oleh dirinya sendiri,karena sebuah cita cita/keinginan dari dalam dirinya,misalnya cita cita ingin menjadi Guru,Dokter dll(sehingga ia akan fokus pada tujuan/cita citanya tersebut).

II.Motivasi Instumental :Adalah sebuah motivasi yang ditimbulkan karena adanya semangat ingin mendapatkan penghargaan/hadiah,atau sebaliknya(semangat ingin menghindari kesalahan/hukuman),contoh,anda ingin cepat cepat pergi ke sekolah,supaya tidak terlambat,agar tidak terkena sangsi,atau kita giat belajar ingin mendapat hadiah.

III.Motivasi Sosial :Adalah sebuah motivasi yang ditimbulkan oleh kelompok,dan membuat kita bersemangat untuk membuat tim/kelompok kita menjadi pemenangnya,kemudian kita muncul sebagai penyelamat atau yang punya peranan menentukan dalam prestasi kelompok tersbeut.

IV.Motivasi Prestasi :Adalah sebuah motivasi yang bertarget,misalnya kita dalam meraih nilai harus angka 8 semuanya,atau kita harus mendapatkan ranking satu dalam kenaikan kelas,dll itulah bentuk dari motivasi prestasi.

Itulah sekilas dengan beberapa bentuk motivasi dalam dunia Psikologi pendidikan dan tentunya juga dapat kita lihat dalam kehidupan sehari hari bukan !,atau kita dapat merasakannya,motivasi apa dan bagaimana yang sedang kita berkobar-kobar dalam diri kita untuk mencapai suatu kesuksesan.
Sekian dan semoga ada manfaatnya walau hanya sekilas info salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger