EMPAT ASPEK UNTUK BANGKITKAN MOTIVASI DIRI DARI DALAM ATAU INTRINSIK !

Salah satu bentuk motivasi yang perlu  mendapatkan perhatian adalah bentuk motivasi yang namanya motivasi 'Intrinsik''atau motivasi dari dalam diri sendiri,dan untuk membangkitkan hal ini tidaklah mudah,karena motivasi intrinsik harus ada semacam motor penggeraknya(motivasi dari dalam diri kita sendiri).

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membangkitkan motivasi intrinsik antara lain adalah:
-Relevansi.
-Perhatian
-Kepercayaan diri.
-Kepuasan.

I.Relevansi :Adalah suatu hal yang kita dalami/pelajari ada hubungannya dengan kepentingan kita dan kemajuan kita,maka hal ini akan membuat semangat/motivasi dalam diri kita menggelora,sebab kita mengetahui sisi manfaat dan maslahatnya.

II.Perhatian :Ini adalah rasa keingin tahuan pada sesuatu yang tinggi/penuh semangat,sehingga juga mampu untuk membuat diri kita bersemangat dalam mencapainnya,contoh saat kita belajar mengendarai sepeda motor,maka semangat kita akan tinggi(karena ada hal hal baru bukan !).

III.Kepercayaan diri/percaya diri :Hal ini juga dapat membuat semangat/motivasi seseorang akan bergelora,karena ia merasa mampu melakukannya(kebalikannya terkadang karena kita tidak mampu maka kita menyerah di tengah jalan).

IV.Kepuasan :Hal ini adalah sebuah motivasi /semangat yang paling tinggi sehingga mampu membuat seseorang,hilang rasa lelah,ngantuk,jenuh dll(semacamnya),kita puas dengan hasil yang dicapai,sesuai dengan target,dan ini biasanya akan membangkitkan motivasi yang luar biasa,,contoh seorang Blogger yang berhasil mencapai target income misalnya!,,hal ini tentu akan menambah motivasi selanjutnya,,kebalikannya bila gagal maka motivasi akan anjlok.

Itulah empat aspek yang mampu menimbulkan motivasi intrinsik(dalam diri kita),tinggal bagaimana kita mengelolanya sehingga motivasi kita selalu stabil atau semakin tinggi,,sekian dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger