BUAH POHON NIPAH YANG GURIH RASANYA !!

Sewaktu kecilan kami dahulu,ada tetangga yang punya kebun di sekitar pantai muara sungai Mahakam,kebun kelapa yang cukup luas,dan yang paling menyenangkan sebenarnya adalah bukan masalah kebun kelapanya,akan tetapi bila mereka datang dari muara sungai Mahakam,akan membawa buah nipah(buah dari pohon nipah),dan biasanya mereka bagikan dengan tetangga.

 Kenangan kami pada buah nipah ini,adalah tentang rasa,,rasa dari buah nipah(isinya),seperti kolang kaling,akan tetapi buah nipah ada rasa gurihnya lalu tekstur nya agak lembut mirip seperti kelapa muda,kalau buah kolang kaling hanya hambar(tak berasa),dan buah nipah ini kadang dibuat panganan ''kolak''sedap sekali rasanya.

POHON POHON NIPAH DI MUARA SUNGAI
Biasanya pohon pohon nipah banyak sekali tumbuh dipinggir pinggir pantai muara,dan diselingi dengan pohon pohon bakau dan pohon rambai(hutan mangarove),,saya jadi tergelitik dan berfikir ,mengapa buah nipah itu tidak dijadikan seperti buah ''kolang kaling'',,misalnya di olah sedemikian rupa serta menjadi makanan/panganan,atau campuran minuman dll.

Selain banyak di pantai,juga tidak perlu di tanam,tinggal  mengambil saja seberapa banyak,ahaha!!.Ini cocok untuk sebagai hasil tambahan bagi warga warga yang berdiam di sekitar muara sungai/pantai.


BUAH NIPAH DAN ISINYA

Biasanya di daerah kami pohon nipah diambil daunnya saja,,untuk dijadikan atap rumah (non permanen),dan hingga sekarangpun masih ada kerajinan membuat atap dari daun nipah'' ini,di daerah kami dan juga masih cukup banyak peminatnya.
Itulah sekilas dengan buah pohon nipah,,yang lezat rasanya,dan banyak sekali dipinggir pinggir muara pantai,,kenapa tidak di berdayakan ,untuk menjadi sebuah usaha/hasil tambahan,dengan membuat makanan/minuman dari buah pohon nipah yang melimpah di pantai,sekian dan semoga ada manfaatnya,salam.
Cat : di beberapa tempat sudah ada semacam usaha kecil ,untuk mengolah buah ini,seperti jenis Nata de coco,,namun untuk wilayah Kalimantan Timur yang kaya akan pohon pohon nipah di bantaran muara pantainya,nampaknya belum ada(entahlah).
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger