APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN PERTANIAN SYSTEM ORGANIK !

Walau kita mungkin bukan seorang petani,namun ada baiknya sekilas mengetahui tentang dunia pertanian walau hanya sekedar sebagai pengetahuan atau sekedar menambah wawasan saja,nah! salah satu jenis pertanian ada yang di sebut dengan pertanian organik,,lalu apakah itu pertanian organik??

Pertanian Organik adalah sistem pertanian yang tidak memakai bahan kimia pada tanah tanah pertanian mereka,dan mereka hanya mengandalkan pupuk pupuk dari alam saja atau dari kotoran hewan untuk dijadikan kompos,kemudian juga mereka menggunakan tanaman lain untuk me netralisir hama hama tanaman misalnya sejenis serangga dengan menanam bawang putih,kemudian pada pertanian organik,hewan hewan peliharaan juga dibiarkan berkeliaran(dalam beberapa waktu).


SAYURAN/BUAH BUAHAN HASIL PERTANIAN ORGANIK(NON KIMIA),photo by:forum.detik.com
Banyak yang percaya kalau hasil dari pertanian/perkebunan organik lebih sehat,dan lebih baik dari hasil tanaman pertanian yang non organik,terkadang kalau kita jalan jalan di toko toko /supermarket,yang menjual buah buahan/sayuran,ada tertulis sayuran organik/buah buahan organik,nah itu artinya buah buahan/sayuran tersebut ''bebas dari bahan kimia/pupuk kimia .

Memang semacam buah simalakama,,bila tidak memakai pupuk/bahan kimia,maka hama dan penyakit tanaman akan merajalela,bahkan bisa saja petani gagal panen,,namun juga memakai bahan kimia salah satunya tentu berdampak yang kurang baik bagi kesehatan dalam jangka panjang,dan hingga sekarang belum ada pengganti anti hama alamiah yang mampu melawan serangan hama/penyakit tanaman secara tuntas,begitu pula dengan pupuk pupuk kimia,,yang mampu merangsang tumbuhan hingga berbuah cepat dan tumbuh subur,sedangkan pupuk organik(pupuk alamiah),terkendala dengan batas produktivitas(jumlahnya terbatas).

Itulah sekilas dengan yang dimaksud dengan pertanian organik,yaitu pertanian yang tidak menggunakan bahan bahan kimia,di dalam pengelolaannya,sampai menghasilkan produksinya,sekian dan salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger