APAKAH ITU YANG DIMAKSUD DENGAN NEBULA?

Kalau kita belajar tentang angkasa maka kita akan bertemu dengan istilah ''Nebula'',para ahli angkasa atau para astronom,sepakat menyebut nama nebula untuk benda benda bintang yang ada diangkasa,seperti bercak bercak sinar dan kabut,dahulunya seperti galaksi juga disebut dengan nebula.

Namun setelah teleskop ditemukan sebutan nebula pada galaksi juga berubah,menjadi ''galaksi'',dengan sebuah teleskop yang canggih dan moderean sehingga tangkapan teleskop tersebut mampu membedakan yang mana kabut,gas,awan dll,serta pada galaksi bima sakti kita juga.

Salah satu TETANGGA
nebula yang terbesar dengan bima sakti,adalah sebuah nebula yang disebut Andromeda,jadi sebutan Andromeda juga masih disebut dengan nebula(kadang kadang),atau benda benda angkasa,yang isinya tiada lain adalah awan awan yang ada di ruang angkasa raya(jagat raya).


SEBUAH NEBULA
Galaksi kita penuh dengan debu dan gas yang bercahaya diantara bintang bintang,dan beberapa dari bintang juga mengeluarkan cahaya sendiri,sedang beberapa bintang juga ada yang hanya mendapatkanpantulan dari binta bintang lainnya.

Kemudian ada juga beberapa awan yang agak berwarna gelap,sebenarnya ia bercahanya,namun dihalangi oleh cahya bintang lainnya dari bintang yang ada dibelakangnya,nebula yang paling populer dikalangan angkasawn adalah  nebula ''orion''atau nebula agung di orion,misalnya kalau kita memandang ke angkasa dengan adanya bercak bercak berkabut,dengan beberapa jaringan yang disebut jaringan sabuk tiga bintang dalan ''konstelasi orion''.

Apakah ada hubungan antara ''nebula dan planet'',menurut para ahli antariksa antara keduanya tidak berhubungan,nebula sendiri terbentuk dari pecahan dari ledakan bintang,dan kemudian meledakkan gas ke ruang angkasa,diantara ada yang disebut dengan''nebula cincin''karena bentuknya seperti cincin,lalu ada yang menyebutkannya lagi nebula planet karena kalau di lihat dari teleskop bentuk nebula tersebut seperti sebuah planet.
Itulah sekilas dengan yang dimaksud dengan nebula,dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Cat :Nebula berasal dari bahasa Latin artinya''Kabut''atau ada yang menuliskan ''Nebulae''

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger