APA YANG DIMAKSUD DENGAN HUJAN OROGRAFIS ITU ??

Kalau kita melihat jenis hujan,ternyata juga cukup banyak jenis,atau istilah dalam jenis jenis yang turun,misalnya saja ada yang turunnya antara bulan April hingga Oktober atau sebaliknya antara Oktober hingga bulan April.

Lalu ada juga yang disebut dengan hujan pegunungan atau yang disebut dengan hujan ''orografis''dan   hujan Pegunungan hujan ini terjadi karena udara yang mengandung uap air  naik ke  puncak pegunungan atau gunung,lalu udara yang naik  akan mengalami penurunan temperatur,makin tinggi udara  naik ke puncak pegunungan atau gunung, akan makin rendah  tempraturnya, lalu akan terjadi kondensasi dan turun  sebagai hujan pada lereng pegunungan tersebut


  
 HUJAN OROGRAFIS (HUJAN PEGUNUNGAN)
Maka hujan itu disebut hujan pegunungan atau hujan orografis. Ada juga yang  menyebutnya dengan hujan relief, namun sebutan ini kurang  umum digunakan selain itu pula ada yang disebut dengan hujan muson,yang seperti kami sebutkan diatas tadi,yang teradi hanya dua kali dalam setahun,atau e bulan dengan masa perputaran antara Oktober ke bulan April.

Itulah sekilas dengan yang dimaksud dengan hujan orografis,atau hujan pegunungan dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,sekian salam. 


Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger