APA ITU ANGIN PASAT DAN ANGIN ANTI PASAT ?

Kita kembali dengan masalah angin-anginan sekarang kita berbicara tentang angin'' pasat''angin pasat itu terbagi dua macam,ada angin pasat timur dan angin pasat tenggara.Angin pasat itu sendiri menurut hukum''Buys Ballot'',adalah angin yang berhembus terus menerus,dari daerah maksimum subtropika utara dan selatan,menuju khatulistiwa.Angin membias dan berbelok,itulah bunyi hukum Ballot.

Lalu ada lagi yang namanya hukum''antipasat''adalah angin yang arahnya berlawanan dengan angin pasat,di belahan bumi utara,bertiup dari barat daya ke timur laut.Di belahan bumi selatan bertiup dari barat laut ke Tenggara.

ANGIN PASAT DAN ANGIN ANTI PASAT
Angin anti pasat dapat diamati dari arah awan yang tinggi,dapat juga diamati dari awan abu gunung berapi yang terlempar ke angkasa,artinya ,itulah arah adanya angin anti pasat.Angin pasat sendiri dulunya sangat banyak di manfaatkan oleh para pelayar sebelum di temukan mesin kapal api,dalam pelayaran,misalnya saja pelayaran Columbus dan Magelhaens.

Magelhaens dapat mencapai wilayah Pasifik dengan adanya hembusan angin pasat ''tenggara'',dengan adanya angin pasat timur laut maka Columbus dapat berlayar di lautan Atlantik,hingga menemukan benua Amerika.

Itulah sekilas dengan yang disebut angin pasat dan angin anti pasat semoga ada manfaatnya,walau hanya sekilas info sekian salam.

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger