ZACHARY TAYLOR ORANG PERTAMA DARI MILITER MURNI YANG MENJADI PRESIDEN USA !


Sekarang mari berkenalan dengan seorang Presiden USA yang ke 12,ia adalah orang pertama dari tentara karier yang menjadi Presiden USA,artinya memang berasal dari dinas ketentaraan yaitu angkatan darat(US Army),dialah ''Zachary Taylor''(lahir tanggal 24 Nopember 1784).

Masa karir dalam dinas militer kurang lebih 40 tahun lamanya hingga mencapai pangkat Jenderal bintang empat,beberapa medan pertempuran sudah di terjuninya,ada kemenangan dalam perang besar Amerika dan Taylor ikut didalam kancah tersebut termasuk perang dengan Mexico.

Pada tahun 1848 pemilihan Presiden USA akan berlangsung,untuk memilih Presiden yang ke 12 negeri itu dan Taylorpun ikut mencalonkan diri saat itu,dan iapun unggul dalam pemilihan tersebut karena partai Demokrat saat itu terpecah belah di wilayah NewYork dalam dukungan,sebagian ke Taylor.
Sebagai militer tulen(sejati),tentu ia belum pernah menjabat sebagi jabatan politis sebelumnya ,misalnya menjadi senator atau anggota kongres ataupun Gubernur,disinilah kekurangan pengalaman dalam dunia politiknya Taylor.

Ia beberapa kali menunda rapat kabinetnya,walaupun didalam kabinetnya terjadi beberapa hal yang kurang elegan,misalnya korupsi dll,namun karena Presiden Taylor sikap yang bijaksana dan jujur ,hal ini yang membuat pemerintahannya berjalan dengan baik,artinya para pembantunya mungkin berbuat yang kurang bijak ,namun ia sebagai Presiden tetap menampakan jatidirinya sebagai seorang negarawan yang baik dan bijaksana serta jujur.

Saat itu system perbudakan di USA/Amerika masih kental dan masih berjalan,sehingga ia sebagai seorang pemimpin harus benar benar mensikapi ini dengan sebaik baiknya,agar negaranya tidak menjadi sebuah perpecahan karena masalah perbudakan tersebut. 

Taylor menyikapi masalah dengan orang orang Selatan ,dengan selalu hati hati,karena fihak Selatan yang pro dengan perbudakan,hingga Taylor memberikan jaminan tidak akan di serang/diperangi,akan tetapi dalam sikap lembut itu,ia juga memperingatkan pada orang orang Selatan agar tidak memberontak ,karena akan ditindak tegas.

Sebagai seorang Tentara,ia pernah berucap untuk negaranya(USA),bila terjadi perang maka ia sendiri yang akan turun tangan sebagai panglimanya dilapangan dan tanpa ragu untuk menindaknya,dan ia siap memimpin tentara,namun sayang takdir berkata lain,setelah selesai upacara peringatan hari kemerdekaan Amerika,di tugu perngatan Washington,Taylor jatuh sakit secara tiba tiba,pada tanggal 4 Juli 1850,dan lima hari kemudian ia meninggal(9Juli1850 ).

.
Zachary Taylor Presiden USA ke 12
Sikap rasa kompromi sang Presiden terhadap orang orang Selatan telah mampu ,mendamaikan Utara dan Selatan   tersebut,namun setelah 11 tahun setelah kepergiannya,,maka perang saudara berkobar di Amerika Serikat,dan salah seorang putranya yang juga seorang Jenderal , saat perang Saudara berkobar bertugas di wilayah Selatan tersebut.

Demikian sekilas dengan seorang Presiden USA,yang bernama Zachary Taylor,ia adalah orang pertama dari dinas ketentaraan angkatan darat,yang menjadi Presiden USA,sekian dan semoga ada manfaatnya,sekian salam
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger