SEKILAS LATAR BELAKANG KONFLIK ARAB DAN ISRAEL !!

Kalau kita tarik akar permasalahan kebelakang mengapa terjadik konflik Arab-Israel,memang sangat panjang ceritanya,sehingga memang sulit untuk untuk mencari titik perdamaian ,terkecuali kedua belah fihak mempunyai niat yang sama yaitu untuk hidup berdampingan dengan damai antara kedua belah fihak yang bertikai.

Kalau kita lihat sejarahnya tanah Palestina itu memang beberapa kali berganti kekuasaan sejak jaman purba dan salah satunya adalah bangsa Yahudi,setelah mereka menduduki wilayah Palestina ,merekapun berdomisili diwilayah tersebut,akan tetapi sekitar tahun 70M,tentara Romawi menduduki wilayah Palestina,hingga tahun 637 M,sejak saat itu bangsa Yahudi meninggalkan wilayah Palestina,dengan hidup di wilayah wilayah Timur Tengah dan sebagian ke Eropa,dll.


Bangsa Arab Mulai masuk Palestina,dan merebutnya dari tangan orang orang Romawi ditahun 637 teresebut,dan mulai berdatangan ke wilayah tersebut dan beranak pinak, di wilayah Palestina tersebut,dan mengangggap wilayah Palestina itu adalah sebagai tempat dan tanah air mereka,dan sekian abad berdiam di wilayah tersebut,sementara bangsa Yahudi juga telah sekian abad meninggalkan wilayah Palestina semenjak masuk orang orang Romawi masuk di tahun 70 tersebut.

BALFOUR DECLARATION
Yang jadi masalah sekarang adalah siapa pemilik sah wilayah tersebut??,bangsa Arab atau bangsa Yahudi,memang sebuah persoalan pelik,lalu bangsa apa yang ada mendiami wilayah Palestina sebelum bangsa Yahudi??( (Yahudi juga merebut dari bangsa lainnya),sisi yang masih gelapnya disini !!

Baru di tahun 1905,orang orang Yahudi mulai berdatangan kembali ke Palestina,awalnya di tahun 1895 seorang tokoh Yahudi bernama''Dr. Theodore Herzl''yang mendirikan gerakan 'Zionisme''dengan cita cita untuk mendirikan tanah air di Palestina,dan kemudian di gantikan oleh Dr Chaim Weizmann,maka mulai tahun 1905 itulah imigran Yahudi mulai berdatangan ke wilayah Palestina,karena sekian dari mereka adalah para turunan Yahudi Rusia yang gagal melakukan pemberontakan di Rusia di tahun 1905 tersebut dan melarikan diri ke wilayah Palestina.

Sejak saat itulah orang orang Arab yang ada di wilayah Palestina mulai gelisah,dengan kedatangan para imigran imigran Yahudi ke Palestina,dan pergesekan mulai timbul di sana sini,Inggris sebagai penguasa wilayah tersebut,menjadi serba salah,karena disatu sisi Inggris telah berjanji pada Bangsa Arab,akan membantu,bila Bangsa Arab membantu mereka menghadapi Turki,,dilain fihak Inggris juga sudah berjanji pada fihak Yahudi,mendudkung gerakan berdirinya negara Yahudi,dengan adanya ''perjanjian Balfour'',terungkap dengan surat Menteri Luar negeri Inggris Balfour kepada seorang usahawan yahudi yang bernama''Rothschild'',pada tanggal 2 Nopember 1917.

Perjanjian Balfour sangat di tentang oleh orang orang Arab,sebaliknya fihak Yahudi sangat bergembira,karena ini adalah salah satu modal kuat mereka secara de Jure,untuk mendirikan negara Israel kelak.(1948)

Itulah sekilas dengan latar belakang mengapa terjadinya pertikaian yang tak kunjung padam di wilayah tersebut ,yang hingga sekarangpun masih dalam suasana yang tak pernah damai,dan semoga saja mereka dapat saling menghargai sesama bangsa,dan hidup berdampingan secara damai,sekian dan semoga ada manfaatnya walau hanya sekilas info,salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

2 komentar

Saya juga suka mendengar sejarahnya mulai tahun 1895 itu Yahudi masuk Palestina. Tapi dalam obrolan dengan teman, saya bertanya: "Bukankah Yahudi itu sudah ada sejak jaman Nabi Musa?"

Kemudian, keluar dari Palestina karena dianggap membangkang Tuhan. Kalau ini benar, berarti tahun 1895 Yahudi itu kembali ke negaranya yang pernah ia tinggalkan. Lalu, sejak kapan bangsa Arab berkuasa? Apakah ada bangsa asli Palestina sebelum Bani Israil (Yahudi)? Ini belum dijawab oleh teman-teman di warung kopi.

Balas

Benar sekali kang Komar,sy juga bertanya hal tsb,,
1.Yahudi itu sdh ada sejak jaman Nabi Musa.as.(wilayahnya sekitar negeri Kan'an,mungkin dekat Sinai ,wil Mesir dijaman Firaun)
2.Kalau tanah Palestin ,direbut Yahudi,,sebelum bangsa Arab datang,,lantas ,,bangsa/suku apa yg berdiam di Palestine?,,,dlm kasus ini memang seperti benang kusut,,kedua fihak saling claim,,,,solusinya tinggal saling menghargai/hidup berdampingan,,seperti kita dengan Malay......trims dah mampir salam.

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger