SALAH SATU ADAT SUKU DAYAK YANG NAMANYA TEPUNG TAWAR DAN DANGAI !!

Salah satu upacara adat suku Dayak adalah yang namanya''tepung tawar'',upacara adat ini biasanya dilakukan untuk para gadis yang beranjak /menjelang dewasa,agar kelak nantinya bila sampai pada masa masa perjodohan dan pertunangan akan mendapatkan  pria pria yang baik budi,jujur bertanggung jawab,dan juga adat tepung tawar dilakukan pada bayi yang baru lahir(sama halnya dengan buday suku Banjar).

Kemudian acara adat tepung tawar ini dilakukan dengan bersamaan upacara adat yang namanya''Dangai'',dan biasanya dilakukan oleh suku suku Dayak yang berdomisili di sekitar wilayah Busang(Kalimantan Timur) atau Penihing ,di hulu sungai Mahakam,acara ini biasnya dilakukan cukup lama sekitar 10 hari,acara ini juga sambil melakukan doa doa/pemujaan terhadap roh roh para nenek moyang mereka,dan di adakan di rumah panjang(lamin),juga ada tarian tarian adat Dayak,dengan harapan segalanya berjalan dengan baik.

Biasanya acara adat tersebut cukup ramai di hadiri oleh muda-mudi suku Dayak,karena juga menjadi ajang perkenalan mereka,,sekalian juga acara tadi mereka berharap agar panen panen melimpah dan dapat dengan mudah/melaksanakan acara acara lainnya seperti pesta perkawinan,syukuran dll.

Bila anda ke hulu Mahakam , dan kebetulan ada upacara adat ini,silakan sekalian berwisata etnik,dan tentunya sebuah pengalaman yang menarik buat anda.

Demikinalha sekilas dengan acara adat Dayak yang namanya 'Dangai',di pedalaman sungai Mahakam Kalimnatan Timur,sekian dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger