SALAH SATU ACARA ADAT SUKU DAYAK ADALAH MENIWA DAN BUNUT !

Masih dalam seni budaya dan adat,kebetulan kami tinggal di Kalimantan Timur,serta juga cukup banyak berteman dengan saudara saudara dari etnik Dayak,yang memang tempat domisili suku asli Kalimantan yang tersebar di hampir seluruh pulau Kalimantan ini,dan termasuk tentunya wilayah Kalimantan Timur.

Beberapa seni budaya adat suku Dayak yang telah kami poskan sebelumnya,dan kini adalagi yang di sebut dengan ''Meniwa'',apa itu meniwa??,upacara adat yang namanya Meniwa ini adalah suatu pesta adat yang dilakukan oleh etnik suku suku Dayak bila padi di sawah mulai mengeluarkan bulir padi,biasanya suku Dayak Kenyah,salah satu etnik suku Dayak yang melakukan acara yang disebut Meniwa tersebut.


Para gadis suku Dayak sedang menari tarian adat
Pilosofisnya adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rejeki,dan kelimpahan kemakmuran dengan adanya bulir bulir padi yang mengeluar dari untai pohon padi tersebut,dan didalam acara ini pula biasanya di meriahkan oleh acara acara lainnya misalnya tarian tarian,dan lomba lomba tardisional suku Dayak .

Bolehkah kita datang atau menghadiri acara tersebut??,tentu saja!,karena acara ini sifatnya umum dan memang di peruntukan kepada khalayak,walaupun kita bukan berasal dari suku Dayak,dalam artian kita menonton/menyaksikan acara acara adat tersebut.

Kalua tadi acara ''Meniwa'',nah bila saatnya akan panen maka dilakukan lagi acara adat yang namanya''Bunut''acaranya juga hampir sam dengan acara Meniwa,namun tujuan acara Bunut berbeda ,yaitu semacam doa rasa''bersyukur'',dengan hasil panen yang didapatkan,kemudian semoga tahun akan datang/panen akan datang lebih meningkat atau melimpah lagi,,jalannya acara sama yaitu dengan dimeriahkan tarian dan acara acara lainnya,juga pengunjungppun dibolehkan menyaksikan acara ini.

Itulah sekilas dengan seni budaya adat suku Dayak Kenyah,yang namanya ''Meniwa dan ''Bunut'',sekian semoga manfaat walau hanya sekilas info sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger