PENEMUAN DALAM TEKNOLOGY ,DALAM PERCEPATAN REVOLUSI INDUSTRI DI INGGRIS

Salah satu yang mempercepat terjadi revolusi Industri di Inggris adalah fase perkembangan ilmu pengetahuan dan teknology,dimana saat itu beberapa hal tejadi lompatan lompatan pengetahuan dengan temuan temuan di bidang Industri.

Tidak dapat di pungkiri dengan adanya temua temuan tersebut mempunyai pengaruh besar pada bidang bidang industri yang tadinya dilakukan secara konvensional kemudian di lakukan dengan system mekanik atau menggunakan mesin sebagai alat bantu percepatan sebuah produk.

Beberapa temuan temuan di awal awal terjadinya revolusi industri dInggris misalnya saja :
 Robert Fulton(Penemu Kapal bertenaga uap pertama)
(a).John Key pada tahun 1733 menemukan kumparan terbang,sehingga alat tenun tekstil/kain menjadi lebih cepat daripada dengan manual,sehingga system pemintalan benang ketinggalan jauh,dan kemudian disusul oleh Hargraves pada tahun1767,juga berhasil membuat alat pemintal yang berjalan dengan cepat.

(2).Campton pada tahun 1779,telah berhasil memadukan mesin pintal benang dengan mesin tenun, 'Cartwright(1785)  menemukan mesin tenun denganmemakai system mekanik ,menggunakan tenaga mesin uap,hal ini membuat lompatan yang luarbiasa untuk insutri tekstil di Inggris kala itu.

(3).Whitney pada tahun 1794 menemukan alat batu untuk memisahkan biji kapas dari serabutnya,sehingga sangat memudahkan dalam pengolahan kapas dan membuat waktu tidak terbuang dalam membersihkan kapan dari bijinya

(4).James Watt pada tahun 1796 berhasil menemukan mesin uap yang lebih sempurna setelah berusaha keras selama kurang lebih 16 tahun lamanya,dan hasil temuan ini langsung di gunakan dan dimanfaatkan untuk mesin mesin penggerak di pabrik tekstil,dll nya.

(5).George Stephenson sekitar tahun 1819,berhasil membuat lokomotif,yang berjalan dengan mesin,danpada tahun 1830 ia mencobanya untuk pertama kali dari kota Liverpool menuju kota Manchester,waktu itu 
 kecepatnya hanya 46km/perjam(inilah cikal bakal lokomotif pertama dan akhirnya kelak akan melahirkan kereta api(tinggal menambah gerbong gerbong di belakangnya),setelah itu disusul dengan penggunaan mesin pada kapal ''Clermont'',jadilah sebuah ''kapa api''pertama yang menggunakan tenaga mesin plus ditambah dengan kincir oleh Robert Fulton,dan ia mencoba ''menyusuri sungai ''Hudson''dengan kapal nya tersebut.

Dengan beberapa temuan diatas,membuat Inggris jadi berubah beberapa kota menjadi ramai dengan aktifitas industri misalnya saja,Liverpool,Manchester,dan Lanchashire serta Birmingham,berkembang menjadi pusat pusat industri kala itu.

Itulah sekilas dengan lompatan lompatan bidang pengetahuan saat itu,yang akan berpengaruh pada percepatan revolusi Indusutri di Inggris kala itu,demikian dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger