NEGARA CONGO DI AFRIKA YANG JADI REBUTAN KAUM IMPERIALISME !!

SEBUAH negara di Afrika tengah atau lebih dikenal negara ''Congo''atau Kongo,menjadi rebutan imperialis Eropa karena seorang wartawan/jurnalis Inggris yang bernama 'Stanley''telah mengadakan riset pada negeri itu dan ternyata Congo mempunyai kekayaan alam yang luar biasa,ditahun 1878,dan sejak saat itu Congo menjadi tidak aman alias tidak kondusif lagi keadaannya.

Belgia,Jerman Inggris dan Prancis saling rebutan wilayah ini,sehingga terjadi saling bertikai dengan menjurus pada adu kekuatan,karena tidak ada yang mau mengalah,akhirnya diadakan kongres luar biasa di kota Berlin,diantara negara negara yang bertikai tersebut,dengan sebutan''Kongres Berlin II'',dan hasil putusannya bahwa Congo ,dijadikan negara berdaulat atau merdeka.

Akan tetapi ternyata Belgia salah satu negara yang ikut kongres ternyata bermain curang,pada tahun 1908,negara Congo di serang Belgia dan dikuasainya untuk dijadikan negara 'koloni''nya,jadilah Congo sebagai negeri jajahan kerajaan Belgia,yang juga terkenal kejam dalam melakukan penjajahan terhadap wilayah Congo.

Tim Pasukan Garuda UN  (photo from :www.merdeka.com)

Sejak saat itulah rakyat Congo bergolak untuk melawan penjajahan Belgia,dan beberapa kali terjadi pemberontakan rakyat namun selalu dapat dipatahkan oleh Belgia,dan hingga akhirnya pada suatu saat ,terjadi lagi peberontakan ,dan membawa negeri ini ke ambang kemerdekaannya sekitar tahun 1959,kemudian setahun setelah itu Congo mendapatkan kemerdekaannya dari Belgia pada tanggal,30 June 1960.

Perdana Menteri Congo yang pertama adalah''Patrick Lumumba'',akan tetapi rupanya Belgia masih sangat bernafsu ingin menguasai wilayah Congo,maka dibuatlah politik klasik''Devide Et Empire'',dan terjadilah kekacauan di negeri Congo,saat itu,dalam insiden tersebut  Perdana Menteri Patrick Lumumba tewas terbunuh.,dan Belgia berdiri pada fihak ''Lmombe''.

Sehingga untuk mengatasi kekacauan tersebut maka PBB turun tangan,dan mengrimkan beberapa pasukan perdamaian ke wilayah Congo,termasuk tim pasukan dari Indonesia ,dengan sandi''Garuda II''
Demikianlah sekilas denganpergolakan di negara Congo Afrika tengah,dimasa lalu,semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger