MENGAPA ANAK ANAK JAMAN SEKARANG KURANG HOBBY BACA !

Sekitar tahun 70-71 an saya mulai masuk sekolah SD,dan sekitar tahun 75an saya masih ingat ada sebuah majalah anak anak yang paling di hemari oleh anak anak kala itu,dan biasanya di jual di sekolah sekolah/pembagian juga ada.
Mungkin anda yang sekolah sejaman dengan saya masih ingat dengan yang namanya majalah anak anak''Si Kuncung''yang terbit pertama kalinya sekitar tahun 1974(kalau saya tidak salah ingat),yang isinya macam macam,ada tentang pelajaran,seni,dongeng,dan gambar,mengapa saat itu majalah anak anak sangat di gemari??,,ya! karena bacaan yang mengandung hiburan/bacaan ringan ya cuma hanya si Kuncung(yang ada di daerah kami Samarinda saat itu sekitar tahun 75-8oan,sementara majalah seperti ''Bobo'',belum ada.



 Majalah anak anak Kuncung  pertama kali terbit tahun 1974
Kemudian faktor lainnya juga ,misalnya televisi juga belum masuk,kemudian ada buku buku cerita seperti,komik,misalnya jaman kecilan saya waktu itu ada cerita silat dari ''Khoo ping ho(Asamaran)atau ada juga dari Ganes TH,dll.

Kemudian mengapa anak anak sekarang tidak gemar membaca buku?entah itu buku pelajarannya sendiri atau yang lainnya!,karena banyak hiburan dan media lainnya,mereka lebih memilih main game online,atau main HP,atau nonton televisi,dapat anda lihat sendiri dirumah anda,bagaimana anaka anak jaman sekarang!.

Lalu dapat kita lihat di perpustakaan perpustakaan sekolah,umum dll,pengunjung tidak ramai seperti di jaman kita kita tempo doeloe,,penyebabnya juga karena kemajuan teknology,,mereka lebih memilih sumber sumber di media internet(dunia maya),dan tidak perlu antri/jubelan atau daftar atau pergi ke perpustakaan,mereka sudah mendapatkan informasi.


Solusinya adalah sekolah sekolah sudah saatnya menggalakan perpustakaan online,bukan hanya perguruan tinggi saja,bahkan kinipun masih banyak perguruan tinggi yang belum mempunyai perpustakaan online,di perpustakaan konvensional ,,saya melihat para staf/karyawannya pada ngantuk,,karena jarangnya ada yang membaca di perpustakaan

Itulah sekilas dengan kenangan masa lalu,dan kemajuan jaman yang juga harus diimbangi,agar kita tidak ketinggalan jaman ,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger