LISTRIK TENAGA ANGIN MENGAPA TIDAK !!

Salah satu kekuatan alam yang dapat kita jadikan energy listrik adalah kekuatan angin,salah satu negara yang banyak menggunakan atau memanfaatkan energy angin adalah negeri Belanda,sehingginga negeri tersebut dapat sebutan negeri ''kincir angin'',tenaga listrik yang murah meriah dari alam yaitu kekuatan angin.

 Udara yang bergerak disebut angin. dapat terjadi ‘karena  perbedaan‘ tekanan di sualu tempat dengan tempat yang lain perbedaan tekanan timbul disebabkan adanya perbedaan suhu,perbedaan suhu terjadi karena perbedaan daya serap panas  permukaan bumi,dan daratan,dan kemudian menjadikannya udara  yang bergerakyang disebut angin.

  
 Kincir angin untuk dapat di ubah menjadi tenaga Listrik
Manusia jaman dahulu sebenarnya telah menggunakan energi angin  itu, misalnya saja  untuk menggerakan perahu layar maka akan berkembang layar nya dan mempermudah/mempercepat pelayaran  penjelajahan laut  . Bangsa  Belanda dahulu terkenal dengan penggunaan kincir-kincir angin  untuk menggiling gandum.  

Pada beberapa daerah misalnyadi wilayah sekitar Jakarta telah beberapa memanfaatkan  energi angin untuk menggerakkan pompa-pompa air untuk mendapatkan pasokan air bersih di  beberapa kampung, dan energi angin dapat dimanfaatkan untuk diubah menjadi  energi listrik yang prinsipnya sangat sederhana, yaitu angin yang ditangkap oleh baling-baling atau disebut "rotor penggerak".

Sebenarnya kalau hal ini di manfaatkan dengan optimal sangat bagus untuk mengurangi ketergantungan terhadap tenaga listrik tenaga diesel(PLTD),utama untuk daerah daerah yang memang mempunyai tiupan angin yang stabil,

 Ukuran generator yang dipasang tentu  saja harus  disesuaikan dengan kekuatan atau kapasitas angin dan rotomya,pengubahan energi angin ménjadi energi listrik ,cocok bagi tempat-tempat yang memang terdapat angin  banyak.akan tetapi tidak semua tempat menguntungkan untuk di manfaatkan sebagai pusat listrik tenaga angin   (Pusat Listrik Tenaga Angin) ,jadi kita harus melihat dulu kekuatan angin yang ada di wilayah tersebut.

Itulah sekilas dengan pemanfaaatan tenaga angin untuk di jadikan semacam tenaga listrik,dan kalau di wilayah sekitar pantai mungkin hal ini bagus untuk di coba ,dapat saja misalnya hasil dari tenaga listrik angin itu,kemudian disimpan dalam baterai (aki),sehingga saat angin kurang kencang atau lagi tidak dapat mengangkat /memutar rotor,maka si ''aki'' yang bergerak.

Demikian dan semoga ada manfaatnya walau hanya sekilas info,salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger