KELAMBUR ATAU BEJAMUK CARA SUKU DAYAK MENGHORMATI TAMU YANG AKAN PERGI !

Kalimantan Timur salah satu tempat dari etnik suku Dayak ,dan juga bermacam-macam suku Dayak yang mendiami wilayah ini,dan tentunya juga banyak ditemukan adat adat dan budaya mereka yang salah satunya adalah''Kelembur/Bejamuq.

Apa itu adat Kelembur??ini adalah adat suku Dayak dalam menghormati para tamu tamu yang akan kembali dari tempat suku Dayak tersebut ,dan   para gadis gadis(bunga bunga desa suku Dayak)akan menyiram para tamu dengan air,dan si tamu pun boleh membalas siraman mereka !! 

Kelembur/Bejamuq   dilaksanakan apabila para tamu akan pulang  meninggalkan kampung yang baru di kunjunginya,acara ini berlangsung   sebentar saja(tidak boleh lama), yakni dengan cara menyiram para tamu yang akan meninjau  desa mereka, dengan air dan para tamu biasanya dipcrkenankan pula untuk menyiram  kembali. jadi akhirnya saling balas-membalas, siram menyiram antara tamu dan gadis gadis tersebut ,ahaha! (dan tidak boleh marah walau pakaian harus menerima resiko basah-basahan).



Pesta adat Kelambur(belimbur),sekarang  bila ada pesta ERAU ,yang disiram tidak boleh marah
Makna pilosofisnya ini adalah agar para warga kampung  agar tetap bersih lahir dan  bathin, karena telah dimandikan dengan air tadi dan dengan harapan pula semoga yang tamu akan pulang dapat dengan lancar dalam perjalanan  atau tidak ada halangan apa-apa. acara Kelimbur bejamuq dapat di jumpai di daerah/kampung Tanjung Isuy Kecamatan  Long Lees  ,di kecamatan Muara Ancalong..dan sekitarnya !

Pada acara ERAU,,juga biasanya diadakan acara ini,namun sayang terkadang karena kurang terkontrol ,sehingga kadang menimbulkan sedikit ketidak nyamanan,,padahal acara tersebut sebenarnya mempunyai makna''pilosofis''yang sangat dalam.
Demikianlah sekilas dengan acara Kelambur/Bejamuq,,salah satu acara adat asli suku Dayak dalam menghormati  para tamu yang pulang atau kembali,sekian dan semoga ada manfaatnya,salam.
  
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger