ADA TIGA CARA PERPINDAHAN KALOR YANG KITA KETAHUI !

Mengapa tembaga selalu menjadi pilihan saat orang membuat tali kabel untuk penghantar Listrik,karena ternyata tembaga adalah jenis logam yang terbaik untuk penghantar listrik,bila dibandingkan dengan jenis logam lainnya,setiap jenis logam adalah penghantar listrik atau dapat disebut dengan ''konduktor'',dan biasanya zat zat yang bukan logam tidak termasuk yang baik dalam penghantar listrik,akan tetapi bukan tidak dapat,tetap dapat namun tidak maksimal seperti zat zat logam.

Zat zat yang kurang baik dalam penghantar aliran listrik disebut dengan istilah''isolator''kalau dalam keseharian kita seringa mendengan ''isolasi''dimana pengertiannya juga hampir sama, dikurung atau dipisahkan/dibatasi,contoh sederhana saat kita ''menyambung''kabel,,supaya sambungan tadi tidak mengenai kita maka si kabel dibungkus/dibalut dengan ''isolasi''yang biasanya terbuta dari zat zat yang tidak dialiri oleh listrik/tidak bagus untuk aliran listrik,,misal jenis plastik,kaca,atau juga jenis kain dan kayu.


Kemudian ada yang disebut dengan kalor,setiap benda mempunyai kalor bedanya ada yang kuat dan ada juga yang lemah,dan kalor ini dapat berpindah-pindah,,misalnya saat kita berada dekat api,maka kita akan merasa adanya ''hawa panas''itulah yang disebut dengan kalor,jadi kebalikannya,,,dengan penghantar lstrik tadi,,kaca kurang baik,,akan tetapi untuk penghantar kalor 'kaca''adalah sangat baik,dan plastik juga,misalnya cahaya api tadi kita batasi dengan kaca,,maka kita akan tetap merasa panas bukan !!.

Biasanya kalor akan berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi kepada yang lebih rendah,lalu ada tiga cara perpindahn kalor yang perlu kita ketahui antara lain :
(a).Cara Radiasi       :Adalah pancaran kalor secara langsung tanpa perantara atau penghantar.
(b).Cara Konduksi    :Adalah dengan cara kalor berpindah melalui suatu zat,akan tetapizat itu sendiri tidak ikut perpindah.
(c).Cara Konveksi        :Adalah kalor berpindah karena ada zat yang dipanaskan ,aliran ini juga dapat disebut dengan terjadinya berat jenis yang berbeda,sehingga berat jenis yang dipanaskan akan menjadi lebih kecil,dari bagian yang tidak kita panaskan.

Lalu biasanya permukaan suatu benda yang berwarna lebih gelap,akan mampu memancarkan kalor dengan baik daripada permukaan benda yang berwarna keputihan.
Demikianlah sekilas dengan sekitar kalor yang ada di sekitar kita,dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger