TIDAK ADA ASAP KALAU TIDAK ADA API !

Panas setahun.hujan sehari itulah kira kira sebuah pribahasa orang dahulu,bila mengumpamakan sebuah kebaikan yang sudah di perbuat,dan kemudian karena berbuat kesalahan dengan setitik nila,maka kebaikan setahun akan hilang.

Musim kemarau di negeri kita melanda beberapa daerah dan termasuk kampung kami tentunya ,karena Kalimantan Timur khusunya Samarinda juga tak luput dari ''serbuan pasukan asap'',yang membuat nafas sesak,mata perih,pandangan terhalang,dll.

Rindu dengan suasana ''langit biru''
Melihat hanya samar samar,ke seberang sungai Mahakam,bangunan bangunan di kota Samarinda nampak di selimuti embun di pagi hari,padahal asap,sepanjang hari kita melihat sang surya,bukan lagi berwana kekuningan,namun sudah menjadi kuning tua,,bahkan sudah seperti api,,dan malam si bulan pun sama ,apalagi langit biru sudah lama tak nampak di pandangan mata.

Pada subuh Senin,tanggal 26 September 2015,sekitar jam dua malam(dinihari),terdengar diatap rumah rinai gerimis,,Alhamdulillah ,,,hujan turun walau cuma''gerimis'',sekitar 1 jam,mengguyur kota Samarinda dan sekitarnya,dan esoknya terlihat langit mulai cerah,warna birunya sudah mulia nampak,namun bila serangan asap tetap berlanjut,,,maka kondisi akan kembali lagi.

Tiada asap kalau tidak ada api,,,inilah yang menjadi penyebabnya,karena asal dari api,akibat hutan hutan yang terbakar karena musim kemarau panjang,,air di sungai Mahakam sudah mulai terasa agak''payau''kalau diminum,PDAM,lokal Samarinda,sudah beberapa kali membersihkan/menguras pipa pipa dan penampungan airnya,karena khawatir tersedot air yang bercampur garam.

Itulah sekedar celoteh di pagi hari,,,untuk negeriku,kampung halamanku,,,,suara burung sudah lama tak terdengar mungkin pergi entah kemana,,,,!!,,,sekian dan salam...!
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger