TENTARA XERXES DARI PERSIA KALAH DALAM PERTEMPURAN SALAMIS OLEH PASUKAN YUNANI !

Setelah kekalahan Darius I,di medan tempur Marathon Yunani,dansetelah itu sang Raja wafat digantikan oleh anaknya yang bernama'Xerxes''ia lahir sekitar 519SM,dan tewas sekitar tahun 465 SM, dalam usia 54 tahun,dan ia sangat menyimpan dendam lama dengan negeri Yunani yang telah menghancurkan tentara Persia di masa pemerintahan ayahnya Darius I.

Pada masa pemerintahan Xerxes pemberontakan sudah mulai bermunculan misalnya di wilayah babylon dan Mesir,ia memang ingin membuktikan terhadap musuh besar yunani bahwa Persia tidak melemah walau kalah dalam pertempuran Marathon.


Xerxes dari Persia

Xerxes rupanya diam diam telah mempersiapkan kembali untuk meyerang yunani dengan persiapan yang lebih matang dan tertata dengan rapi,pasukan Persia membuat semacam jembatan dari kapal kapal yang tersusun di sebuah selat sempit yang disebut dengan''Hellespont''yang memisahkan Yunani dengan Asia kecil(turkey),dan pasukan lainnya berkeliling melalui pantai,dengan mengikuti pasukan infanterinya,secara taktik militer memang mengagumkan yang dilakukan Xerxes tersebut.

Di sekitar wilayah ''Athos''mereka juga membuat semacam terusan kecil untuk sekedar kapal mampu lewat,dan tujuan adalah menghindari bahaya dari laut,karena Yunani termasuk punya armada laut yang tangguh,dan ini sudah di perhitungkan oleh fihak Persia.

Setelah persiapan matang dan sudah siap tempur,maka terjadilah kontak senjata pertama di tahun 480 SM,dicelah gunung sempit yang disebut''Thermopylae",kebetulan bagian wilayah ini di jaga oleh pasukan pasukan dari''Sparta'',dan terjadilah pertempuran sengit,dan dari 300 orang pasukan Sparta yang menjaga celah tersebut ,hanya 2 orang yang lolos dari maut,dan pasukan Persia berhasil pada gebrakan pertama masuk gerbang Yunani,dan ''Athena''sudah di didepan mata.

Pasukan Xerxes dengan mudah masuk Athena, ,yang hampir dikosongkan oleh penduduknya,dan harapan Yunani adalah memukul Persia dari laut ,karena Persia agak lemah dalam armada lautnya,dan ternyata tepat,pasukan laut Persia di hancurkan pada ''pertempuran laut di Salamis''yang terkenal itu di tahun 480 SM.

Kapal kapal armada Persia kalah cepat karena bentuknya yang besar dan berat,sehingga dalam ber manuver kalah gesit dengan kapalkapal Yunani yang bentuknya lebih ringan,jadilah selat antara pulau Salamis dan daratan dekat  Athena sebagai lahan pembantaian /kuburan bagi angkatan laut Persia,dan tentunya ini membuat raja XerXes dan sisa pasukan lautnya harus balik kanan memutar haluan ,kembali ke wilayah Persia.

Rupanya Xerxes lupa,kalau angkatan daratnya masih berada di dalam kota Athena,,dan sekitar wilayah Plataea,serta dengan mudah dihancurkan oleh pasukan Yunani,karena putusnya rantai perbekalan antara pasukan laut yang membawa perbekalan ,ditambah dengan kelelahan dalam pertempuran demi pertempuran saat masuk ke dalam kota Athena,juga  saat pertempuran dengan pasukan Sparta.

Untuk kesekian kalinya pasukan Persia gagal dalam penyerangan ke wilayah Yunani,,dan setelah itu  Persia bukan ancaman besar lagi bagi Yunani,dan hingga wafatnya raja Xerxes,demikian dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger