SETELAH MERDEKA INDIA PECAH JADI TIGA BAGIAN !!

Indonesia di saat pasca kemerdekaan masih beruntung daripada India,mengapa?karena tidak terjadi perpecahan hingga tidak menjadikan Indonesia tercerai berai,beda dengan negara sahabat kita India dan di saat pasca kemerdekaannya negeri terpecah jadi dua bagian.

Setelah perang dunia ke II berakhir ,Inggris akhirnya bersedia memberikan status ''Dominion''kepada India pada tanggal,15 Agustus 1947,maka merdekalah India walau hanya dengan sebuah Status dominion Inggris,karena di India ada kekuatan besar yaitu Hindu dan Islam,hal ini rupanya menjadi sebuah perpecahan yang ter elakan lagi,dan akhirnya India terpecah menjadi tiga bagian,antara lain :
-India dengan Ibukotanya New Delhi.
-Pakistan dengan Ibukotanya Karachi,kemudian pindah ke Rawal pindi kemudian ke Islamabad(sekarang)
-Bangladesh (Pakistan Timur),memisahkan diri dari Pakistan tahun 1971,dengan tokohnya ''Mujibur Rahman'',dengan ibukotanya Dacca, dan jadilah India terpecah menjadi tiga negara.

Nehru saat pengambilan sumpah jabatan menjadi PM India pertama

Pada tanggal 26 Januari 1950 India memproklamasikan diri atau melepaskan diri dari status negara dominion menjadi merdeka penuh,dengan Presiden pertamannya''Rajendra Prasad''sedangkan Perdana Menterinya masih dijabat oleh Jawaharlal Nehru,sementara Pakistan juga menyusul merubah status negeranya dari dominion menjadi negara merdeka penuh pada tahun 1956.

Melihat dari kejadian di wilayah India,dengan terpecah menjadi tiga bagian,setelah merdeka,itulah yang saya maksud dengan beruntung kalau Indonesia hingga sekarang masih dapat dipertahankan kesatuan wilayahnya ,walupun juga tak luput dari pemberontakan di sana sini.

Demikian sekilas dengan negeri sungai Gangga(India),dan perjalanan perjuangan serta pasca kemerdekaannya,dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger