SEKITAR AWAL PERADABAN CINA KUNO DAN DINASTI SHANG !!

Sekarang kita beralih ke jaman Cina Kuno,yang berkembang di sekitar lembah sungai  ''HuangHo''(Huang he),adapun hulu sungai tersebut berada di sekitar pegunungan''KwenLun''di wilayah Tibet dan muaranya berada dilaut Kuning,sehingga sungai HuangHo juga disebut ''sungai Kuning''.

Mengapa disebut sungai Kuning?,karena sungai itu airnya memang bewarna kekuningan,akibat endapan lumpur dari hulu,sehingga airnya terkesan seperti air rawa rawa,namun dibalik itu justru ada manfaatnya untuk kesuburan tanah yang ada disekitar lembah tersebut,karena lumpur lumpur dari hulu sungai itu membawa tanah tanah yang subur dari wilayah pegunungan,dan menjadi lahan lahan pertanian yang subur untuk ditanami.


Ilustrasi gambar:Sungai Kuning(HuangHo),dengan lembah suburnya
Masyarakat Cina kuno telah lama mengusahakan lembah lembah di sekitar sungai Huang Ho,untuk lahan pertanian,menurut para ahli purbakala,sudah ada sekitar 5000 tahun sebelum Masehi,ditempat itlah para warga bertanan padi,berkebun sayur sayuran dan buah buahan,dalam bahasa Cina kuno disebut budaya''YangShao"(atau budaya bertani ),namun saat itu belum ada catatan sejarah tentang adanya system pemerintahan atau kerajaan.

System pemerintahan seperti kerajaan baru muncul sekitar tahun 2250 SM,pada masa Cina kuno tersebut,dengan beberapa dinasti,dengan adanya beberapa peninggalan sejarah yang mengagumkan,secara struktur dijaman itu ada dua macam pemerintahan yang berlaku di Cina Kuno misalnya saja :

 A.SISTEM PEMERINTAHAN DIJAMAN CINA KUNO :
(1).System Unitarisme :Dimana kaisar berkuasa mutlak dalam pemerintahan dan kekuasaan negara,sehingga kaisar berhak menentukan segala sesuatnya atas putusannya,dan kaisar pun mempunyai hak dalam urusan Politik kenegaraan.

(2),System Feodalisme :Dimana Kaisar tidak menangani secara langsung,urusan kenegaraan,Kaisar dianggap sebuah symbol sakral atau suci,karena kaisar dianggap sebagai turunan Dewa,jadi tidak layak untuk mengurusi urusan politik kenegaraan yang sifat sangat 'duniawi''.

B.AWAL JAMAN KERAJAAN DINASTI SHANG JAMAN CINA KUNO
Pendiri dinasti Shang adalah kaisar''ChengTang''inilah awal berdirinya jaman dinasti di Cina Kuno,dengan dibantu oleh beberapa orang cerdik pandai serta beberapa tokoh''peramal''maklum saja masyarakat Cina sangat suka akan ramal meramal.

Cara meramal dijaman itu dengan memakai media tulang atau semacam kulit kerang,setelah itu dibakar hingga retak,nah retakan itu dibaca oleh ahli ramal yang professional ,untuk meramalkan misalnya tentang  masa depan,perjodohan,dll.

Pemerintahan dinasti Shang berpusat di sekitar wilayah,lembah sungai Huang Ho(sungai Kuning),di dekat atau sekitar provensi Henan (sekarang),pada jaman itu juga dikembangkan berbagai budaya seperti ''LungShan''budaya adalah budaya kerajinan dalam mengolah benda benda seperti bejana,kereta kuda,arca ,dll yang bahan materinya dari logam perunggu,juga dengan system tulisan tulisan dijaman tersebut masih sangat sederhana sekali.

Masa kejayaan dinasti Shang mulai mundur,,dan akhirnya terjadi peperangan dengan penguasa baru yang disebut dengan dinasti Chou,,karena lemahnya pertahanan dari kerajaan Shang,akhirnya dapat dikalahkan oleh dinasti Chou,dan berakhirlah jaman kekuasaan dinasti Shang.
demikian dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian sekian salam.



Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger