SEKILAS DENGAN TANAMAN JAGUNG YANG BANYAK MANFAATNYA !

Tidak ADA yang tau pasti kapan tanaman ''jagung''masuk ke Indonsia,ada sekilas catatan sejarah menurut bebarapa sumber yang kami baca yang mengatakan Jagung dibawa oleh orang orang Portugis dari benua Amerika(Mexico),karena tanaman jagung bukan tanaman asli Indonesia,dan konon kabarnya tanaman Jagung ini memang berasal dari wilayah Mexico tersebut.

Tanaman Jagung masih dapat tumbuh dengan baik di ketinggian maksimal 1500 m diatas permukaan laut dengan suhu dikisaran sekitar17c-25c (derajat Celcius),akan tetapi bila ditanam pada dataran tinggi/pegunungan(7-9 bulan) umur tanaman jagung akan dapat bertahan lebih panjang,dan bila di tanam pada dataran rendah (3-4 bulan)umurnya agak lebih pendek.

Tanaman Jagung juga banyak manfaatnya untuk manusia atau mahluk lainnya,karena jagung banyak mengandung zat karbohidrat seperti padi padian,tidak heran ada beberapa daerah di Indonesia justru jagung menjadi makanan pokok dan alternatif selain beras,misalnya di wilayah Madura.

Selain untuk menjadi bahan makanan pokok dan alterantif selain beras jagung juga dapat dibuat semacam minyak yang disebut minyak''sintanola''(unsurnya dari tanaman /buah jagung),lalu jagung juga dapat dibuat semacam tepung disebut ''tepung Meizina'',dapat dibuat panganan/kue/jenang(dodol)jagung dll,lalu jagung muda dapat dibuat makanan kaleng, semacam''sweetcorn'',kulitnya dapat diolah pembungukus ro*ok klobot,dan juga makanan ternak dll.

Kalau di Amerika jagung sudah tidak asing lagi seperti di USA misalnya ada daerah jagung di sekitar wilayah 'Chicago''sehingga wilayah tersebut mendapat julukan daerah''Cornbelt'',selain untuk di makan atau dkonsumsi,jagung juga untuk makanan ternak,seperti sapi,domba,babi dll.

Itulah sekilas dengan tanaman jagung yang kita kenal sekarang,masih ingat bila malam tahun baru tiba hampir semua orang ada acara ''bakar jagung'',untuk menanbah semarak,kemudian kalau kita jalan jalan ke mall,,selalu ada orang jualan popcorn dengan aneka rasa yang lezat,sekian dan semoga ada manfaatnya walau hanya sekilas info,salam !!
Noot:Bagi penderita Diabetes Mellitus juga sangat baik untuk mengkonsumsi panganan pengganti /atau bagi yang sedang diet,cocok untuk menurunkan kelebihan berat badan(overweight).

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger