PERJUANGAN BANGSA SRILANKA DALAM MENUNTUT KEMERDEKAAN DARI INGGRIS !

Sekarang kita sekilas menengok perjuangan Srilanka(Ceylon)atau Sailan,kalau kita membuka peta dunia di sebelah Tenggara India ada sebuah yang lumayan besar ,itulah pulau Ceylon,dan kemudian menjadi negara SriLanka dengan ibukotanya Colombo.

Awalnya pulau di datangi oleh bangsa Eropa pertama kali adalah bangsa Portugis di tahun 1505,dan kemudian bangsa Belanda dan selanjutnya Inggris,ketiga bangsa Eropa tersebut''rebutan''pulau Ceylon ,lagi lagi dimenangkan oleh Inggris,jadilah Ceylon bagian ''koloni''Inggris,sama halnya dengan India,Pakistan dan sekitarnya.

Seperti halnya negeri negeri jajahan lainnya maka di SrilanKa pun juga tumbuh tumbuh gerakan gerakan partai atau kumpulan ,yang menentang penjajahan ,terutama adanya pengaruh dari gerakan kemerdekan nasional India,misalnya ada gerakan ''The Ceylon League''ditahun 1865,cikal bakal gerakan selanjutnya dan ada juga yang namanya Ceylon National Congress''(1918),kalau di negeri kita sama  seperti Budi Utomo,Indische Party,Sarekat Islam dll.

SIRIMAVO BANDARANAIKE
Setelah perang dunia ke II,kerajaan Inggris berjanji memberikan kelonggaran dengan sebutan negara''Dominon''atau dengan status masih dalam wilayah ''British Commonwealth''pada tanggal 4 Februari 1948,maka jadilah SriLanka negara merdeka.

Beberapa tokoh negeri SriLanka yang terkenal misalnya Nyonya 'Sirimavo Bandaranaike''adalah Perdana Menteri wanita ,kemudian ada tokoh lainnya seperti ''Sir John Kotelawala'',ia menjadi wakil negeri SrilanKa karena juga sebagai perdana Menteri saat itu,saat konferensi Asia Afrika tahun 1955 di Bandung(Indonesia).

Demikian sekilas dengan pergerakan kemerdekaan bangsa Srilanka,untuk lepas dari ''cengkraman''jajahan Inggris kala itu,sekian dan semoga ada manfaatnya.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger