PERANCIS MASUK INDOCINA DAN MENJADIKANNYA WILAYAH JAJAHAN ATAU KOLONI !

Jajahan Perancis yang cukup luas di Asia Tenggara adalah wilayah wilayah yang termasuk apa yang disebut dengan''Indo Cina''sekarang wilayah wilayah itu menjadi negara negara merdeka ,seperti,Vietnam,Laos,dan Kamboja.(tiga negara inilah dulunya yang disebut Indo Cina).

Awal kedatangan bangsa Eropa ke Indo Cina ,berawal dari bangsa Portugis dan Spanyol sekitar tahun 1615,awalnya mereka hanya berdagang dan sambil menyebarkan agama Katholik di wilayah tersebut,,kemudian bangsa Perancis juga datang menyusul dengan dalih berdagang dan menyebarkan agama Katholik ke Indo Cina.

Karena ada semacam gelagat yang kurang simpatik dari bangsa Perancis,yaitu selalu ingin monopoli dan berlaku semau-maunya,maka hal ini kurang mendapat respons dari rakyat Indo Cina saat itu,maka timbulah semacam pemboikotan terhadap warga Perancis,dengan larangan masuk ke wilayah Indo Cina.
Norodom Sihanouk(ex Raja Kamboja/kampuchea)

Hal ini membuat fihak Perancis menjadi berang dan marah,maka dengan dalih alasan tersebut fihak Perancis serta merta menyerbu IndoCina dengan ribuan tentaranya,terjadilah peperangan yang tak seimbang,karena rakyat Indo Cina hampir tak punya persiapan perang,dan memang tak menyangka kalau Tentara Perancis melakukan penyerangan,hingga tak lama kemudian IndoCina jatuh ketangan Perancis.

Maka sejak saat itulah Indo Cina menjadi jajahan Perancis,ini dimulai sekitar tahun1893,menjadi daerah jajahan Perancis sama saja dengan dijajah Portugis dan Spanyol,yaitu tidak ada perhatian sama sekali dengan daerah jajahan,ini membuat rakyat IndoCina sangat menderita kala itu,karena tidak tahan dengan penjajahan Perancis maka mulailah ,ada semacam gerakan gerakan/perkumpulan partai partai yang mempunyai visi dan misi untuk kemerdekaan.

Rupanya supaya keliatan awalnya adalah memang ''peperangan''maka,sekecil apapun alasan  sudah dapat dijadikan alasan untuk menyerang suatu wilayah,agar mendapatkan ''koloni''atau wilayah jajahan,masih ingat dengan ''Perang Candu'' di Cina,juga sebuah alasan Inggris untuk masuk ke wilayah Cina waktu itu.

Demikianlah sekilas dengan sejarah masuknya Perancis ke wilayah Indo Cina,dan semoga ada manfaatnya,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger