MENGAPA TERJADI KONFRONTASI ANTARA INDONESIA DENGAN MALAYSIA ??

Latar belakang terjadinya konfrontasi dengan negara Malaysia di jaman Orde Lama di masa pemerintahan Bung Karno,seperti di ketahui bahwa biang masalah ''katanya''adalah Bung Karno tidak setuju dengn berdirinya negara Malaysia,karena adanya penggabungan /digabung dengan wilayah Kalimantan Utara,Sabah dan Sarawak kala itu.

Sehingga timbul istilah ganyang Malaysia saat itu entah darimana asal istilah ini namun yang jelas saat itu keadaan antara Indonesia dan Malaysia siap perang,karena ketegangan kedua belah fihak ,ini adalah alasan alasan yang sering kita dengar.
Sebenarnya ada latar belakang mengapa ''konfrontasi''yang jarang mengemuka dan beberapa orang orang politik saat itu hanya segelintir yang mengetahui mengapa konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia terjadi ?


  latar belakang konfrontasi dengan Malaysia tersebut adalah :
(1) Sebuah alasan bagi orang orang Komunis,untuk memecah kekuatan ABRI,atau angkatan bersenjata Indonesia,maka di buatlah isu isu politis,dan memecah perhatian rakyat,tentara ataupun tokoh tokoh anti Komunis lainnya,pada masalah konfrontasi.

(2).Dengan terpecahnya kekuatan,perhatian segenap fihak,pada masalah konfrontasi dengan Malaysia,maka akan dengan leluasa untuk menguasai /kudeta pada pemerintahan saat itu,untuk itu beberapan unit pasukan elit TNI,memang ditugaskan untuk berhadapan dengan Malaysia/Inggris,agar Jakarta kosong dengan kekuatan kekuatan TNI,dan sengaja yang di tugaskan adalah pasukan pasukan yang dianggap no kooprtaif dengan fihak komunis,sedang pasukan pasukan TNI lainnya,yang dianggap dapat di kondisikan,tetap berada di kota Jakarta.

Itulah beberapa alasan politis mengapa terjadinya konfrontasi dengan Malaysia saat itu,menurut beberapa sumber yang pernah kami baca di beberapa letaratur,tentunya pandangan tersebut jauh berbeda dengan pandangan fihak yang berseberang saat itu.

Jadi kalau kita dapat simpulkan bahwa Dwikora saat itu atau krisis konfrontasi dengan Malaysia saat itu adalah sebuah konspirasi politis ,antara dua kekuatan fihak Komunis dan Imperialis,untuk menguasai pemerintahan Indonesia,dengan membuat suatu isu politis''Ganyang Malaysia'',,, !!
Demikianlah sekilas dengan latar belakang mengapa sebenarnya terjadi konfrontasi dengan fihak Malaysia saat itu,,sekian dan salam.

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger