MASIH INGAT DENGAN JOYOBOYO RAJA KEDIRI ?

Didalam budaya Suku Jawa terutama pasti mengenal yang namanya ramalan''Joyoboyo''lalu siapa yang bernama Joyoboyo itu ?ia adalah seorang raja dari kerajaan Kadiri,ia diangkat menjadi Raja kadiri setelah kekuasaan Bameswara berakhir,dimasa Joyoboyo lah kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya.

Jenggala dan kadiri dapat disatukan kembali olehnya ,sehingga membuat kerajaan ini menjadi besar dan makmur ,dan keberhasilan di abadikan oleh seorang sastrawan yang terkenal dijaman itu yaitu ''Mpu Panuluh''dalam satu gubahan yang melegenda yaitu ''kitab BharataYudha''.

Keberhasilan Joyoboyo terkadang dapat di sejajarkan dengan ''Airlangga",dengan symbol''Narasingha''dan dianggap sebagai jelmaan dari dewa Wisnu,selain raja yang cerdas dan ulung ia juga punya kelebihan supranatural dalam hal ramal meramal,sehingga ramalan ramalannya ,masih dianggap sebagi suatu hal yang selalu menjadi kenyataan,oleh sebagian masyarakat Jawa khususnya.


PENINGGALAN KERAJAAN KEDIRI UKIRAN KEPALA KALA DI GUASELAMANGLENG ABAD KE 12 M

Ramalan ramalan Joyoboyo dibukukan oleh para Mpu dijaman dahulu dan hingga sekarang masih ada dalam kumpulan babad ''Jongko Joyoboyo'',itulah sekilas dengan Joyoboyo seorng raja Kadiri yang termashyur  dijamannya.

Demikian dan semoga ada manfaatnya untuk sekedar di ketahui dan semoga ada manfaatnya,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger