MARI KITA MENGENAL JENIS JENIS HUTAN YANG ADA DI INDONESIA !!

Sekilas dengan jenis jenis hutan ,hutan dapat kita bedakan dengan pengelompokan yang tediri dari hutan tropis,hutan musim,sabana,ini hutan yang berdasarkan iklim, kemudian ada lagi yang disebut dengan hutan berdasarkan hutan jenis pohon pohonan yang tumbuh di wilayah hutan tersebut,misalnya ada hutan heterogen dan Homogen.

Ada lagi jenis yang berdasarkan atas kejadian alamiahnya/hutan alam, seperti hutan Primer dan hutan Sekunder,dan ada juga yang disebut dengan hutan budidaya,artinya hutan hutan ini memang di tanami oleh manusia untuk diambil hasilnya,dll.

                  Sekarang mari kita mengenal istilah istilah tentang hutan tersebut           

Jenis hutan Bakau(Mangrove),ini jenis hutan pantai
1.Hutan hujan Tropis  :Adalah hutan yang ada di wilayah tropis/hujan tropis ciri cirinya,adalah hidup berjenis jenis pohon,dari pohon yang kecil hingga pohon pohon besar dengan bertingkat tingkat,serta sinar matahari hanya remang remang dan keadaannya hampir selalu lembab.

2.Hutan Musim :Adalah hutan yang terletak pada iklim Muson(kemaru dan hujan),biasanya tumbuh jenis pohon pohon sejenis pohon Jati,sekitar wilayah Jawa Timur dan Jawa tengah cukup banyak terdapat hutan jenis muson ini.

3.Hutan Sabana/padang Sabana : Adalah hutan padang rumput yang luas,dan dikelilingi pepohonan seperti membentuk pagar mengelilingi padang rumput tersebut,hutan jenis ini terdapat di sekitar wilayah Nusa Tenggara.dan sekitarnya.

4.Hutan Heterogen  :Adalah jenis hutan yang berbagi jenis tumbuhan,biasa nya ini masuk dalam hutan berjenis tropis dan juga kadang disebut hutan rimba/belantara.

5.Hutan Homogen  :Adalah jenis hutan tumbuhan yang hanya satu jenis saja,misalnya hutan Jati (jenis hutan Muson),hutan pinus,hutan rotan dll.
6.Hutan Primer  :Adalah jenis hutan yang belum di jamah manusia atau di utak atik manusia,hutan jenis masuk seperti hutan belantara/rimba belantara.(sudah tinggal sedikit )

6.Hutan Sekunder  :Adalah awalnya hutan hutan Primer yang di kelola/ditebang oleh manusia untuk keperluan mereka,kemudian setelah sekian lama,ditanami kembali,dan jadilah hutan sekunder.

7.Hutan Pantai  :Adalah pepohonan yang hidup di tepi pantai dan juga kadang hanya satu jenis misal hutan bakau(hutan Mangrove)
8.Hutan Rawa : Adalah jenis hutan yang letak dirawa rawa, disebut juga hutan air tawar,tumbuhan nya juga bermacam macam,namun tidak terlalu besar.

9.Hutan Pegunungan  :Adalah hutan hutan yang tumbuh disekitar dataran tinggi/pegunungan misalnya hutan hutan lumut(jenis tumbuhan kebanyakan lumut-lumutan).,karena iklim sudah sangat lembab/bersuhu rendah.

10.Hutan Lindung  : Adalah sebuah area hutan yang telah dilindungi,biasanya untuk menjaga dari erosi,banjir juga menjaga ke stabilan tanah ,dll serta juga untuk melindungi habitat hewan hewan ,dll.

11.Hutan Rekreasi  : Adalah kawasan hutan yang dianggap punya potensi,untuk djadikan tempat wisata dan rekreasi,juga terkadang hutan lindung dapat dijadikan hutan rekreasi.

12.Hutan Cadangan  :Adalah jenis area hutan yang belum ditentukan kepentingannya untuk apa,biasanya pemerintah menggunakan untuk lahan lahan baru,transmigrasi dll.(ATAU biasanya ada juga yang disebut hutan adat yang kepemilikannya untuk warga warga yang ada di wilayah tersebut),diatur oleh pemerintah setempat.

Itulah 12 jenis hutan hutan dan semoga info sekilas ini ada manfaatnya untuk kita sekalian,utama bagi siswa kita,,demikian dan salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger