MAHATMA GANDHI DAN SWADESHI INDIA SAAT DIJAJAH INGGRIS CUKUP BERPENGARUH !!

Setelah tragedi''Amritsar Massacre''yang telah banyak menelan korban akibat dari keganasan tentara tentara Inggris,maka pola pergerakan berubah dari sama sama kontak pisik,dengan semacam unjuk rasa damai,atau berjuang tanpa kekerasan ,gerakan ini di gagas oleh seorang tokoh yang bernama''Mohandas Karamchand Gandhi''.

Gandhi dengan pola gerakan anti kekerasan ,namun dengan jalan non koopratif terhadap aktifitas Inggris di India,dan gerakan inipun juga cukup berpengaruh pada fihak fihak Inggris ,dengan pola gerakan empat antara lain :

 EMPAT GERAKAN DAMAI GANDHI .
(1).SatyaGraha artinya   :Tidak ada kata kerjasama dengan pemerintah kolonial(Inggris),jadi sifatnya non koopratif.
(2).Ahimsa artinya  :Melawan dengan tanpa kekerasan terhadap pemerintah penjajah (Inggris),atau juga melawan dengan tanpa pertumpahan darah.
(3).Hartal artinya :Melawan dengan mengadakan mogok(mogok kerja),jika Inggris melakukan kekejaman terhadap rakyat maka para pekerja akan mogok .
(4).Swadeshi artinya :Berupaya melakukan sesuatunya dengan mandiri,memakai produk sendiri,tanpa harus membeli dari luar(utama buatan Inggris).

Mahatma Gandhi

Walaupun gerakan ini nampak ''moderat''akan tetapi dampaknya cukup luar biasa,untuk menekan pemerintah kolonial Inggris,banyak pabrik pabrik di Inggris yang gulung tikar,,karena eksport ke India tidak ada lagi/barang barang produk mereka tidak laku,sedangkan India adalah negara yang padat penduduknya.

Hampir semua tokoh tokoh pergerakan India,menyerukan pergerakan Swadeshi,terhadap semua Rakyat India,namun pemerintah kolonial Inggris tetap bertahan dan ,tetap pada pendiriannya,malahan para pemimpin pergerakan India di tangkapi dijebloskan kedalam penjara kala itu,Gandhi,dan Jawaharlal Nehru termasuk yang dipenjarakan oleh fihak Inggris karena mengobarkan semangat Swadeshi tersebut.

Demikian lah sekilas dengan gerakan damai saat perjuangan rakyat India melawan penjajahan Inggris yang dipelopori oleh Gandhi dkk,sekian dan semoga ada manfaatnya salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger