LIMA JENIS PERSAWAHAN DI INDONESIA !!

Walau kita mungkin BUKAN seorang petani,namun alangkah baiknya kita mengenal beberapa jenis padi-padian atau penanaman padi di negeri kita Nusantara ini,misalnya ada yang disebut dengan padi sawah,padi gunung,dll.
beberapa jenis penanama padi di negeri kita antara lain adalah:

I.Padi sawah adalah: padi yang ditanam di area persawahan,yang mendapatkan penyaluran air dari system pengairan,dan pada sawah ini dapat dibagi menjadi dua antara lain:
(a).Padi Rendengan      Adalah jenis padi sawah yang ditanam pada musim penghujan.
(b).Padi Gadu             Adalah jenis padi sawah yang teratur system pengairannya dan ditanam pada musim kemarau.


II.Padi Lebak  :Biasanya perawahan jenis ini berada pada lembah atau di sepanjang area dekat sungai,yang tergenang air,dan pada saat musim kemarau,genangan tadi menjadi semacam endapan lumpur,dan lebakan tadi menjadi seperti cekungan yang menahan air,dan petani akan menanami tempat tersebut dengan padi,disaat sungai telah surut(dalam beberapa bulan tersebut).

III.Padi Banarawa :Ini juga jenis sawah/persawahan dekat dengan muara sungai,atau rawa rawa besar, atau dekat dengan danau danau yang cukup banyak terdapat di Kalimantan,Bengawan Solo,Sungai Cimanuk,dll,dan padi yang tumbuh juga akan mengikuti dengan keseimbangan air laut,sehingga kita akan melihat daun daun padi yang melambai dengan genangan air dibawahnya.

IV.Padi Gogo  :Ini adalah penanaman padi jenis kering,dilakukan dengan dua cara yaitu dengan system :
-Peladangan :Dengan cara menebangi hutan/semak/rerumputan dan kemudia dibakar,setelah itu ditanami dengan padi(atau dahulu disebut dengan ladang berpindah),namun jaman sekarang sudah jarang dilakukankarena dampak lingkungan yang kurang menguntungkan setelah ladang ditinggalkan,harus menunggu puluhan tahun lagi.
-Tegalan :Sistem ini adalah persawahan yang menetap,namun harus mencukupi dengan sirkulasi pengairan yang bagus,misalnya seperti di Bali,dapat kita lihat padi padi yang tumbuh hijau di seputar bukit yang ber undeg-undeg.

V. Padi gogo rancah: :Jenis penanaman ini dilakukan biasanya sebelum musim penghujan tiba,dan setelah musim hujan tiba,disinilah sawah sawah tadi mendapat pengairannya,biasanya kebanyakan di wilayah pulau Jawa banyak menggunakan system Gogo rancah,karena cukup mudah dalam pemeliharaannya,tinggal menunggu musim hujan,,jadi  tinggal menghitung waktu /perkiraan penanaman saja.,kekurangannya produksi padi tergantung musim.

Kalau dalam segi kenikmatan berasnya khusus di Kalimantan biasanya orang lebih suka dengan hasil sawah padi gunung atau padi yang ditanam bukan batang dengan terendam air,itulah sekilas dengan jenis jenis persawahan di negeri kita semoga ada manfaatnya,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger