LATAR BELAKANG PEMBERONTAKAN TAIPING DI CINA SAAT DINASTI MANDSYU !

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa Cina mengalami kekalahan besar dalam perang Candu(1839-1842) dengan Inggris,dan inilah cikal bakal masuk imperialisme di Cina pada waktu,armada armada angkatan laut Inggris masih terlalu tangguh untuk di hadapi Cina saat itu,dan armada armada Inggris memang yang terkuat di seantero jagat waktu.itu !

Dengan kekalahan itu membuat Cina harus tunduk dengan aturan aturan yang dibuat oleh kerajaan Inggris,walaupun sifatnya saat itu masih belum di jajah secara permanen,oleh Inggris,tetapi membuat Cina sudah kehilangan beberapa wilayahnya yang harus diserahkan dengan fihak Inggris.

suasana saat Taiping War di Cina (photo by:taipingrebellion.com)

Dengan kekalahan itu,maka orang orang Cina banyak kehilangan hak haknya,dan ini menandakan sebuah kelemahan kaisar yang berkuasa waktu itu (Dinasti Mandsyu),membuat sebuah kekecewaan pada dinasti Mandsyu,sehingga rakyat mulai kurang simpatik,dan kemudian terjadi sebuah pemberontakan,pada dinasti Mandsyu,oleh sebagian rakyat ,yang disebut ''perang Taiping''(1850-1854).

Perang ini bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan dinasti Mandsyu,dan menolong para petani petani serta mengusir orang orang kulit putih dari daratan Cina,awalnya pemberontakan ini mendapat kemenangan,melawan fihak kerajaan,akan tetapi ,dilain fihak para pemberontak juga bertindak sangat kejam terhadap rakyat yang dianggap bersalah(tanpa pengadilan hukum ),sehingga pada akhirnya rakyat justru merasa ''tertekan''sendiri,oleh ulah kaum pemberontak yang mulai semena-mena.

Maka hal ini membuat simpati rakyat berkurang dan bahkan berbalik membenci kaum pemberontak,dan bergabung pada fihak kerajaan serta orang orang barat(orang orang Eropa),melawan kaum pemberontak,dan akhirnya di kalahkan.

Itulah sekilas dengan perang Taiping atau pemberontakan Taiping,pada jaman dahulu ,setelah terjadi perang Candu,,demikian dan semoga ada manfaatnya,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger