JOSE RIZAL SEORANG PEJUANG PHILIPINA YANG DI EKSEKUSI SPANYOL !!

Salah satu pejuang Nasional  bangsa Philipina adalah''Jose Rizal''awalnya Jose Rizal adalah seorang Dokter yang buka praktek di Manila,sebagai orang yang berpengetahuan dan bukan hanya sebagai dokter ia pun mulai memikirkan nasib bangsanya yang di jajah oleh bangsa Spanyol yang terkenal,kejam,dan taunya cuma menjajah dan menjarah.

Selain sebagai dokter ia juga termasuk orang yang menguasai bidang sastra,maka tak heran kalau ia mulai mengarang sebuah novel yang berjudul''Noli Me Tangere'' (artinya :jangan singgung saya),novel ini sangat menggemparkan kalangan rakyat Philipina ,isi dari novel ini,tentu mengenai masalah penjajahan dan rasa patriotik,dampaknya Jose Rizal di cari cari pasukan Spanyol untuk di tangkap dan di adili,namun ia sempat lolos ke luar negeri yaitu ke HongKong.


dr.Jose Rizal(Pejuang Nasional Philipina)
Pada tahun 1892 Jose Rizal diam diam kembali Philipina ,karena merasa terpanggil ,melihat kemelaratan,kemiskinan dan penderitaan rakyat yang ditindas oleh penjajah Spanyol,lalu Jose Rizal  mendirikan perkumpulan yang namanya''Liga Philipina'',namun tak lama setelah itu ia ditangkap oleh penguasa Spanyol,dan kemudian di asingkan ke wilayah Selatan di kepulauan Mindanau,selama 4 tahun lamanya,selepas menjalani pengasingan tahun 1896,ia balik ke Manila.

Saat kembali ke Manila tak lama setelah itu terjadi pemberontakan rakyat Philipina dengan yang lebih di kenal ''Perang Katipunan'',sebuah perang rakyat yang hampir dapat mengusir Spanyol dari bumi tersebut,dan bersamaan dengan kejadian itu juga Jose Rizal kembali ditangkap oleh fihak Spanyol ,dan pada tanggal 30 Desember 1896,di jatuhi hukuman mati oleh fihak Spanyol.

Detik detik terakhir ,malam menjelang eksekusi,Jose Rizal membuat sebuah puisi pendek,dengan judul''Mi Ultimo Adios''Cinta Jose Rizal terhadap tanah air,,tiada ternilai besarnya,jiwalah sebagai,,,taruhannya,,,,!!dan tak lama setelah itu  waktu eksekusi segera tiba,,selamat jalan Pahlawan .

Dengan kejadian tersebut hari wafatnya Jose Rizal,di peringati sebagai salah satu hari nasional bangsa Philipina,dan sianggap salah sebagi pelopor gerakan nasional oleh bangsa dan negara .
Demikian sekilas dengan perjuangan seorang pahlawan nasional bangsa Philipina Jose Rizal,dan semoga ada manfaatnya,sekian,salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger