JAMES MONROE PRESIDEN USA KE 5 YANG TERKENAL DENGAN DOKTRIN MONROE !

Salah satu Presiden USA,yang juga punya andil besar terhadap negaranya adalah''James Monroe''ia adalah salah seorang Presiden USA yang namanya tercatat dalam sejarah dengan yang lebih populer disebut''Doktrin Monroe''atau perjanjian Monroe,yang suka akan pelajaran sejarah biasanya menemui tentang isi perjanjian ini.

Dalam doktrin Monroe yang populer itu tertuang salah satunya adalah berbunyi''Amerika tidak boleh lagi dijajah oleh negara negara  Eropa'',James Monroe dilahirkan pada tanggal 28 April1758, ia termasuk pemuda yang gagah berani,karena walau usianya baru 18 tahun saat itu,ia sudah ikut berperang dalam revoulsi Amerika,setelah ia 4 tahun bergabung dengan dunia militer,iapun keluar dan sekolah ilmu hukum,dan juga berteman dengan 'Thomas Jafferson(sebelum menjadi Presiden USA).

James Monroe(Presiden USA ke 5)
Saat itu Thomas Jafferson masih menjadi gubernur/Senator Virgina,dan James banyak menimba ilmu tentang tata negara dan perpolitikan lewat Thoma Jafferson ini(kelak menjadi Presiden USA yang ke 3),karena persahabatan ini pula yang membuat James Monroe jatuh hati kedalam dunia politik yang kelak akan mengantarnya pada posisi orang nomor satu di USA.

Setelah menimba ilmu baik dari yang formal hingga ke nonformal maka James Monroe pun dapat dengan mudah melaju ke puncak kursi Presiden pada tahun1817,namun sebelum itu iapun pernah menjadi anggota parlemen,dan masuk dalam jajaran pejabat pada saat pemerintahan Presiden'James Madison''(presiden USA yang ke 4).

Saat saat perundingan dengan pemerintah Perancis,ia ditugaskan oleh Presiden Madison,untuk menjadi Duta perundingan untuk berhadapan dengan para pejabat pejabat Perancis,disaat USA melakukan transaksi pembelian wilayah''Lousiana'',dengan pembelian itu wilayah USA hampir menjadi dua kali lipat daripada sebelumnya(karena sebelumnya Lousiana,dibawah kuasa Perancis).

Disaat James Monroe menjadi Presiden USA ke 5,banyak mengalami perubahan utama dalam politik luar negeri USA,dan iapun sangat bersimpati dengan gerakan gerakan kemerdekaan wilayah lainnya di benua Amerika,utama wilayah wilayah yang masih di duduki oleh Spanyol dan Portugis,akan tetapi sebelum USA mengakui kemerdekaan negara negara tersebut,USA,juga telah berhasil dalam negosiasi dengan fihak Spanyol tentang status wilayah ''Florida''(yang masih dibawah kuasa Spanyol),dan akhirnya ,Florida sukses masuk wilayah bagian USA,di saat James Monroe menjadi Presiden USA tersebut.

Seperti yang kami sebutkan di atas bahwa dalam pemerintahan Monroe,,keluar  doktrin Monroe yang terkenal tersebut''Bahwasanya USA,menganggap segala campur tangan asing di Amerika,adalah ancaman dan bahaya bagi keselamatannya'',akibat dari dekrit ini banyak negara negara Amerika lainnya yang memerdekakan diri dari jajahan bangsa asing lainnya.

James Monroe terpilih dua priode menjadi presiden USA,karena dianggap warga Amerika Serikat termasuk Presiden yang punya prestasi kala itu,,ia meninggalkan ''White House'' atau gedung putih di tahun 1825(saat itu di Nusantara berkobar perang Diponegoro).

Ia meninggal pada tahun 1831,dalam usia 73 tahun itulah akhir dari perjalanan seorang James Monroe,presiden USA yang ke 5,demikian dan semoga ada manfaatnya sekian salam.

Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger