ENAM BUKTI SEJARAH TENTANG MASUKNYA ISLAM KE NUSANTARA !

Menurut para ahli sejarah tentang penyebaran islam di Indonesia utama di tanah Jawa ada berepa bukti tentang tersebut baik dari catatan catatan para pelayar dan pedagang atau para musafir,ini beberapa catatan sejarah yang kami kami kumpulkan catatan sejarah tentang penyebaran Islam di tanah Jawa dan Nusantara.

Kalau kita melihat bukti bukti sejarah nya,ada sekitar 6 catatan yang dapat dijadikan dasar pijakan ,dan tentunya masih banyak lagi yang lainnya yang tentunya belum ter catat oleh kami,namun ini membuktikan kalau Agama islam sudah lama masuk ke bumi Nusantara ini.



 Makam Fatimah Binti Maimun di wilayah Leran-Manyar  Gresik Jawa Timur
Beberapa catatan tentang masuknya Islam di Nusantara tersebut antara lain adalah :
-Catatan dari saudagar Venezia MarcoPolo pada akhir abad ke 13M,yang menyatakan tentang adanya masyarakat Muslim di sekitar wilayah Perlak
-Catatan dari dinasti Tang,yang membertitakan sekitar abad ke 7 M,telah ada pemukiman etnik Arab di sekitar Baros kota kecil di pantai barat Sumatera Utara,belum diketahui apakah juga ada penduduk pribumi yang memeluk agama Islam saat itu.
-Catatan dari Ma-Huan ,seorang pengembara dari Cina ,memberitakan kalau di abad ke 15,sebagian masyarakat pantai Jawa bagian utara telah memeluk agama islam.
-Ada nisan makam yang bertuliskan huruf Arab,tentang wafatnya seorang wanita Muslim ,yang bernama ''Fatimah Binti Maimun ''pada abad ke 11 M.di sekitar Gresik.
-Catatan dari seorang pengembara Portugis lansiran dari Tom Pires menyatakan bahwa ,sudah ada penyebaran agama Islam di wilayah Jawa,kalimantan ,Sumatera dll ,hingga Maluku sekitar abad ke 16M.
-Adanya pemakaman Muslim kuno yang di temukan sekitar Trwulan dan Tralaya,dekat wilayah Mojokerto (sekarang),dan beberapa diantaranya adalah para bangsawan Majapahit yang sudah memeluk agama islam di jaman Raja Hayam Wuruk.

Itulah beberapa catatan tentang masuknya agama Islam di Nusantara dan khususnya di pulau jawa saat itu ,dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger