EMPAT TINGKATAN DAUN TEH YANG PERLU KITA KETAHUI !

Siapa yang tak kenal dengan dengan minum TEH,hampir semua orang pernah minum teh bukan!,berbicara sejarah teh atau tanaman teh,sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia,sekitar permulaan abad ke 19,jenis tenaman teh yang berasal dari wilayah''Assam India''masuk ke Indonesia.

Di Indonesia perkebunan teh dilakukan oleh perusahaan ataupun warga warga yang mempunya lahan luas dan kadang dengan system patungan antara pemilik lahan dan pemilik modal,tanaman teh akan tumbuh subur pada lahan di ketinggian sekitar 500-1200m(diatas permukaan laut),menurut penelitian tanaman teh akan tumbuh lebih subur pada ketinggian di 700m(diatas permukaan laut).

Sebenarnya berkebun teh itu lebih mudah,karena yang diambil hanya''daunnya''jadi tinggal menunggu pohon teh punya daun sudah siap di panen,tidak perlu nunggu ,buah ataupun lainya,dan biasanya yang diambil daunnya yang masih muda ATAU yang sudah tua,kemudian di bagi menjadi empat tingkat antara lain :

                                      Empat macam tingkatan daun teh yang di petik
(1).Daun teh Peku (P) :biasanya diambil dari daun teh yang masih muda,dan terbuka sedang warnanya agak kehitaman /kekuningan atau kuning tua (ini mutu daun teh ter baik).
(2).Daun teh Oranye peku(OP) :biasanya daun yang diambil dari pucuknya tergulung,warnanya agak kehitaman,serta daun pucuk warnanya agak kekuningan.
(3).Daun teh Peku Seehan(PS):biasanya di ambil/dipetik dari daun teh yang tua dan lebar,dengan warnanya kehitaman rasanya agak pahit dan tidak wangi.
(4).Daun teh Dust(D) :biasanya adalah dari segala jenis yang dipetik,dan lalu di campur jadi satu,untuk diolah serbuk teh.

Itulah sekilas dengan jenis daun teh yang dipetik pada sebuah perkebunan teh,sesuai dengan kualitas dan tingkatannya,dan semoga ada manfaatnya walau hanya sekilas info,salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger