DAHULU AMERIKA SERIKAT PERNAH MENJAJAH PHILIPINA !!

Setelah kekalahan Spanyol di Philipina melawan Amerika Serikat dan pasukan Katipunan,pada tahun 1898,maka dengan keadaan tersebut otomatis Philipina ,menjadi ''koloni''Amerika Serikat,inilah yang menjadi ''trigger''pecahnya perlawanan pasukan Katipunan pada kolonial baru yaitu Amerika Serikat.

Akan tetapi pemerintahan kolonial baru di Philipina dalam hal ini adalah USA,tidaklah sekejam saat penjajahan Spanyol dahulu pemerintah USA,walaupun sifatnya juga sama sebagai penjajah,namun sedikit lebih koopratif,usaha usaha perbaikan kearah perbaikan ekonomi kerakyatan pun di jalankan ,kemudian beberapa tokoh tokoh Philipina yang cakap,,diberi kesempatan untuk duduk dalam jabatan pemerintahan tersebut.

Akan tetapi rasa nasionalisme bangsa Philipina tetap berkobar dan rasa ingin lepas dari pengaruh/jajahan bangsa lain tetap menyala-nyala,hal inilah yang membuat bangsa Philipina tetap menuntut kemerdekaan pada USA,saat itu.

Rupanya hal ini di cermati oleh pemerintahan USA,dan akan mengupayakan kearah kebebasan tersebut dengan langkah langkah persiapan untuk menuju kemerdekaan  tersebut,dan di tahun 1934,pemerintahan USA,mengeluarkan undang undang tentang persiapan tersebut,dengan ketetapan bahwa untuk pra kemerdekaan ,maka Philipina diberikan status''Commonwealth'',oleh USA,dengan 12 tahun masa persiapan pra kemerdekaan tersebut.

Sehingga di tahun 1946,bangsa Philipina mendapat kemerdekaan penuh dari pemerintahan USA,maka jadilah Philipina dengan negara berdaulat sendiri,tanpa tergantung dengan pemerintahan kolonial siapapun.
Demikian sekilas dengan perjuangan bangsa Philipina dalam menuju persiapan kemerdekannnya,sekian dan semoga ada manfaatnya,salam.
Cat: Hari kemerdekaan Philipina pada Tanggal,4 Juli 1946.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

4 komentar

aku baru tau kalau philipine kolonial amerika, sepertinya harus sering banyak berkunjung kesini deh, biar tambah wawasan.. trims ya..

Balas

sama sama nenk,,dan semoga manfaat,,trims dah mampir,,salam !

Balas

oh kemerdekaan Filipina beda satu tahun sama Indonesia ternyata

Balas

iya,,beda 1 tahun dgn negera kita,,,trims dah mampir,salam

Balas

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger