BENARKAH KERAJAAN SRIWIJAYA ITU MEMANG ADA ??

Sejarah tidak di tulis akan tetapi juga dibuktikan dengan temuan temuan,kemudian juga tulisan tulisan ataupun sumber sumber pelaku sejarah itu sendiri maka sebuah sejarah dapat dianggap valid dan disimpulkan kalau itu memang ada atau terjadi dimasa lalu.

Misalnya telah ditemukan sebuah arca kuno,maka tidak serta merta itu dianggap sebuah arca kuno,sebelum di teliti tentang beberapa hal yang terkait dengan Arca tersebut,misalnya ,dengan meneliti jenis dari materi pembuatan arca,dan kemudian juga kedalam lapisan tanah saat di temukan,lalu jenis arca juga apakah ada hubungan dengan yang lainnya,misalnya bentuk dan modelnya,,jadi tidak mudah untuk memutuskan suatu benda/materi itu adalah peninggalan jaman kuno.


Sisa reruntuhan bangunan dijaman Sriwijaya  di abad ke 10 M(di bukit Siguntang)
Sekarang kita berbicara tentang sebuah kerajaan yang namanya kerajaan ''Sriwijaya'',apakah memang benar dijaman dahulu ada sebuahkerajaan yang namanya Sriwijaya,,ataukah kerajaan ini hanya sebuah dongeng saja ,mari kita lihat kalau memang jaman dahulu ada bukt ibukti sejarahnya antara lain beberapa prasasti yang ditemukan mempunyai angka angka dari huruf Pallawa,dan melayu Kuno dengan angka 684-775M:

 Ada lima fakta  sejarah yang menyatakan kalau jaman dahulu kerajaan Sriwijaya memang pernah ada
(1).Prasasti Tulang Tuwo :Isi dari prasati ini menyatakan dengan ada nya pembuatan taman''Sriksetra",dan taman ini dibuat oleh ''Daputa Hyang''untuk kemakmuran rakyatnya.
(2).Prasasti Kedukan Bukit:isi prasasti ini menyatakan bahwa Daputa Hyang telah melakukan perjalanan dengan 20.000 ribu orang ,dalam perjalanan itu mereka melakukan penaklukan wilayah lainnya.
(3).Prasasti Telaga Batu : isinya adalah tentang hukum pada rakyat yang memberontak yaitu dikutuk,juga yang yang melakukan kejahatan pada pemerintahan kerajaan.
(4).Prasasti Kota kapur : isinya adalah tentang berita dan usaha kerajaan Sriwijaya,untuk menaklukankerajaan kerajaan di Jawa yang dianggap tidak mau tunduk kepada kerajaan sriwijaya.
(5)Karang Berahi : yang menjelaskan tentang isi  Prasasti  ,Talang Tuwo,Kedukan Bukit dan Telaga batu,kesemuanya ditemukan dekat wilayah kota Palembang sekarang,yang menceritakan tentang berdirinya kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 683M,dan pusat kerajaan sekitar Palembang sekarang,kemudian di dalam isi prasasti Kota Kapur dan Karang Berahi,yang ditemukan sekitar wilayahBangka dan Jambi yang isinya menceritakan wilayah kekuasaan  Sriwijaya hingga Melayu dan kepulauan bangka.

Sumber sumber lain yang dapat di dilhat mengenai kerajaan Sriwijaya,adalah dari catatan para pengembara/pedagang bangsa Cina,Arab,kalau catatan dari Cina adalah dari I Tsing seorang pendeta Budha,dan dari Arab oleh Raihan Al Beruni seorang ahli geografi dari Persia,dan tentu masih banyak lagi sumber sumber lainnya mengenai keterkaitan dengan kerajaan Sriwijaya.

Itulah sekilas dengan temuan temuan pisik dalam bentuk prasasti yang menjadi bukti pisik mengenai adanya kerajaan Sriwijaya tempo dahulu di wilayah Sumatera ,kini sekitar Palembang,demikian dan semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian .
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger