BEBERAPA ASPEK TENTANG KEMUNDURAN KERAJAAN SRIWIJAYA !!

Seperti kita ketahui,bahwa,Raja Bala Putra Dewa setelah kalah perang melawan kakak iparnya ''Rakai Pikatan''dalam perebutan tahta di medang kamulang antara dinasti Sanjaya dan dinasti Syailendra dan dimenangkan oleh dinasti Sanjaya.

Bala putra Dewa turunan dinasti Syailendra berhasil lolos dari peperangan dan berhasil mencapai wilayah Sumatera,dan muncul sekitar abad ke 8-9M ,telah menjadi seorang raja besar di Sriwijaya,ia memang sudah punya pengalaman sebagai pemimpin /raja sewaktu di pulau Jawa,sehingga tak berapa lama dalam tangannya maka Sriwijaya menjadi makmur.

Bidang pendidikan pun ia perhatikan dengan mengirim para pemuda cakap dan pandai pada universitas di India,terutama di Universitas ''Nalanda'',dan segala fasilitas di sediakan oleh sang raja Bala putraDewa,dan ini terbukti dengan isi dari prasasti Nalanda.

Candi Ijo salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya(Muaro Jambi)
Sekitar keruntuhan kerajaan Sriwijaya,menurut dalan catatan sejarah sekitar abad ke 11 M ,kerajaan ini mulai mengalami kemunduran tahap demi tahap antara lain alasannya:

 Beberapa aspek mengenai mundurnya kerajaan Sriwijaya :
-Serangan dari kerajaan India (Cholamandala)sekitar tahun 1024-1030M,diberitakan bahwa saat raja Sriwijaya yang bernama''SriSanggramawijaya''telah ditawan musuh,artinya kemunduran Sriwijaya bukan dijaman Raja bala putra Dewa lagi.,angatan laut kerajaan Sriwijaya lemah dalam pertahanan lautnya.
-Beberapa kerajaan kecil di bawah kawasan/kekuasaan Sriwijaya,mulai tidak mau lagi tunduk dengan kerajaan pusat,terutama kerajaan Melayu di utara (melepaskan diri ).

-Jalur perdagangan laut kerajaan Sriwijaya mulai tidak aman akibat banyaknya kelompok ''bajak laut''yang menghadang kapal kapal dagang,dan ini membuat perekonomian kerajaan menjadi merosot drastis,kerajaan mulai kekurangan dana dalam mejaga wilayahnya.

-Sekitar abad ke 13 M,kerajaan Majapahit mulai melebarkan sayapnya,dengan Patih Gadjah Mada,serta sumpah Palapanya,,untuk mempersatukan  Nusantara,,maka tak dapat di sangkal lagi kerajaan Sriwijaya pun ''di gulung'' dari muka bumi oleh kerajaan besar dari tanah Jawa ini,dan tamatlah riwayat dari kerajaan Sriwijaya dari kancah catatan sejarah.

Itulah sekilas dengan keruntuhan dan kemunduran kerajaan Sriwijaya,yang dulunya juga pernah berjaya dalam berkuasa di Nusantara ini,demikian dan semoga ada manfaatnya.
Cat : ini perlu pembuktian sejarah lanjutan :Ada sebagian yang berpendapat bahwa Candi Borobudur di Jawa tengah (masuk Magelang) adalah peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ada di Jawa,alasannya adalah Raja Sriwijaya Bala Putra dewa keturunan dari Dinasti Syailendra,sedang yang membangun Candi terbesar itu adalah dinasti Syailendra di saat raja Samarottungga(dinasti Syailendra).
Kalau melihat abad dibangunnya Candi Borobudur(dibangun abad ke 8-9M) memang bersamaan dengan munculnya Bala Putra Dewa sebagai Raja Sriwijaya yaitu antara abad ke 8-9M.,,bukti kuat ada pada , prasasti Kayumwungan,tentang yang membangun Candi tersebut.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger