ASAP ASAP MENGEPUNG KALIMANTAN TIMUR DAN SAMARINDA !!

Sudah beberapa bulan ini negeri kita terkurung asap,terutama wilayah Sumatr dan Kalimantan ,seperti kita ketahui wilayah wilayah Sumatera misalnya Riau dan Jambi serta di sekitarnya,kmudian juga wilayah wilayah di Kalimantan Tengah ,juga barat dan sekarang wilayah kami Kalimantan Timur,kebetula saya berdomisili di kota Samarinda.

Sekitar satu bulan yang lalu atau sekiatar sebelum hari raya qurban,suasana di kota Samarinda masih aman aman sajar dari kejaran si 'asap'',ini,namun beberepa minggu ini ,nampak sudah mulai berkabut asap,kalau kira menghirup udaranya serasa kering dan bau ,seperti orang membakar dedaunan ,aromanya,,memang untuk jarak pandang berkendara masih aman ,akan tetapi kalau kita memandang lurus sekitar 300-400 meter saja,,nampaknya sudah agak kabur.kalau naik kendaraan roda dua sangat terasa sekali kalau kita sudah mulai agak sulit berafas lega !!(karena di depan yang kita terobos adalah ''lautan asap''.


Samarinda Tanggal 16-Oct - 2015 (sudah terkepung asap)
Hujan sudah sekian  lama tak tak pernah turun lagi,,membuat tanah tanah berdebu,dan berbongkah bongkah,saya jadi teringat sekitar tahun 80an yang lalu,,juga Samarinda mengalami musim kemarau panjang yang lama,disana sini hutan pada terbakar,bahkan desa kami sudah didekayi oleh titik titik api,,dan setiap malam/siang kami bergantian menjaga api,agar tidak mendekati desa.

Beberapa faktor yang menyebabkan terbakarnya hutan :
-Musim kemarau yang panjang ,sehingga banyak daun daun pepohonan yang kering sehingga sedikit saja ada tersulut misalnya puntung ro*k*k,yang jatuh dirumput jalanan /di tengah hutan,juga akan dapat berkembang menjadi kebakaran besar di hutan tersebut.
-Pembukaan Lahan baru ,dengan menggunakan tehnik bumi hangus,,juga terkadang menjadi penyebabnya,disaat api udah membesar dan tertiup angin ketengah hutan maka hutapun akan terbakar.
-Lahan lahan yang dibawahnya ada batubara nya juga dapat menyebabkan kebakaran hutan,yag hebat karena api menjalar dari bawah.
-Mungkin juga dapat terjadi pergesekan antara dahan dahan kering yang tertiup angin ,dan menimbulkan efek panas ,lalu timbul percikan api.

-Bisa juga karena rusaknnya ekosystem sekitar hutan ,karena adanya area area tambang,sehingga membuat udara disekitar tambang menjadi panas dan saat musim kemarau tiba,maka area ini akan mudah terbakar dan menjalar kemana-mana.

Semoga saja ''kepungan asap'' akan cepat berakhir,karena ,di wilayah kami Kalimantan Timur ,khususnya Samarinda ,sudah terasa betapa tidak enaknya bernafas dengan berteman asap,,sekian dan semoga ada manfaatnya sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger