APAKAH PENGERTIAN TENTANG SULUK !!

Mungkin diantara kita pernah mendengar istilah''Suluk'' apa itu suluk?,menurut pengertiannya suluk adalah semacam karangan atau juga sejenis prosa,namun ada juga yang berpendapat lain bahwa suluk adalah semacam perjalanan,misalnya dalam aliran Tasauf ,juga terdapat istilah suluk tadi,artinya perjalanan dari satu ketempat lainnya(pengembaraan).

 Beberapa pendapat tentang pengertian apa itu ''suluk''misalnya saja pendapat dari :
-Sunan Bonang mengartikannya adalah :orang orang yang mngetahui/memahami dalam pengetahuan mistis dalam Islam.

-Hamzah Fansuri mengartikannya sebagai  syair syair dalam  suluk Islam,dan dihubungkan dengan ibadah ibadah zikir dan tiraqat .

Beberapa suluk yang dikenal misalnya saja:


-Suluk Wijit  :Isinya mengenai nasihat /wejangan dari sunan Bonang,kepada ''wijil'',sedang wijil adalah sebutan pada orang orang kerdil/bekas abdi dalem di jaman kerajaan Majapahit.

-Suluk Sukarsah :adalah riwayat tentang kisah dalam pencarian ilmu sejati untuk mencapai tingkat kesempurnaan dalam hidupnya/ibadahnya.

-Suluk Hamzah Fansuri : terbentuk dari  beberapa syair syair,misalnya syair ''Perahu''dimana sebuah tamsilan seorang manusia yang mengarungi zat Ilahiah,dengan segala macam marabahaya,dan hanya dapat di hadap dengan tingkat ketauhidan,dan tingkat ma'rifat yang tinggi,lalu ada lagi suluk suluk yang lain misalnya suluk syair burng'' pingai'',dimana jiwa manusia di samakan dengan seekor burung,namun hanya sebuah tamsilan ,namun melainkan zat YangMaha Suci'.

Itulah sekilas tentang pengertian tentang suluk,semoga ada manfaatnya untuk kita sekalian dan salam !


Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger