APAKAH JENIS RAWA SEMUA DAPAT DI MANFAATKAN UNTUK LAHAN PERTANIAN??

Rawa mendengar kata rawa,maka kita akan terbayang dengan genangan air ,seperti kalimat ''genangan air di rawa rawa''seperti kita ketahui rawa biasanya terjadi karena adanya air yang tergenang pada satu tempat terkadang arealnya cukup luas dan juga sedang atau juga hanya selebar lapangan basket.

 Tanah rawa dapat kita bedakan menjadi dua macam  ada yang dapat dimanfaatkan ada juga yang tidak dapat dimanfaatkan sama sekali ,tergantung keadaan rawa itu sendiri misalnya ,ada yang airnya tergenang dan ada juga yang tidak tergenang(mengalir).


(1).Rawa tergenang  :Biasanya tidak banyak dapat dimanfaatkan(bahkan tidak dapat di manfaatkan)sama sekali,karena airnya mengandung tingkat keasaman yang tinggi (Ph nya di posisi nol/dibawah nol),biasanya warna airnya sudah kekuning kuningan dan cenderung ke warna merah(seperti warna gula merah/aren),dan biasanya rawa ini tidak ditemukan organisme yang dapat hidup, juga airnya tidak boleh di konsumsi,hewan hewan pun tidak mau meminum air di rawa rawa ini. 

(2).Rawa tak tergenang/mengalir:Biasanya air di rawa rawa ini,warnanya agak jernih(phnya rendah),dan banyak ditemukan organisme yang berkembang disini,rerumputan yang hidup juga kelihatan segar,hewan hewan kecil banyak ditemukan,dan burung burung/hewan lainnya dapat terlihat mencari makanan di sekitar rawa rawa ini,menandakan rawa ini dapat di tanami atau juga dapat dijadikan lahan pertanian.
Tanda lainnya adalah apabila di sebuah rawa rawa,kita temukan pohon ''rumbia''dan tumbuh dengan suburnya,maka rawa tersebut dapat kita tanami dengan tanaman atau dapat kita jadikan lahan pertanian/persawahan.

Jadi simpulannya :Tidak semua tanah rawa rawa dapat dijadikan lahan pertanian/perkebunan,lihat dulu kondisi air pada rawa rawa tersebut,dapat saja di manfaatkan namun kita perlu kerja keras,misalnya membuat irigasi agar airnya tidak tergenang sehingga ''sirkulasi''air tadi dapat menetralkan tingkat keasaman lahan tersebut.
Demikian sekilas dengan rawa rawa semoga ada manfaatnya ,walau hanya sekilas info,sekian salam.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger