APA YANG DIMAKSUD DENGAN KRISIS FASHODA DI AFRIKA !

Didalam sejarah dunia ada yang yang disebut dengan ''krisis Fashoda'',sebenarnya krisis ini adalah tiada lain untuk memperebutkan negara negara jajahan atau koloni koloni,saat itu ada dua kekuatan besar  dalam menjajah dan selalu bersaing untuk mendapatkan tanah harapan baru.

Krisis Fashoda terjadi sekitar tahun 1898,antara Inggris dan Prancis yang saling ''berebut''wilayah benua Afrika,karena benua Afrika adalah tanah impian yang masih banyak menyimpan tambang tambang hasil bumi yang sangat menggiurkan bangsa bangsa Eropa,utama antara Inggris vs Prancis kala itu.

 Col.Jean Baptiste Marchand
Prancis punya cita cita ingin menyatukan jajahannya di Afrika antara wilayah Congo(Afrika Tengah)hingga ke Somali ,dan dari Afrika Barat hingga ke Afrika Timur,tentu ini akan benturan dengan kepentingan Inggris terutama yang juga punya hasrat besar dalam memperluas koloninya di wilayah Afrika yang kaya akan hasil alam tersebut,sehingga timbul istilah''From Cape To Cairo'', kemudian dari wilayah Kenya hingga Uganda yang memang telah di kuasai sejak tahun 1885, itulah keinginan Inggris.

Inggris saat itu ingin mengusai daerah Sudan dari ujung selatan,sedang pasukan Inggris lainnya dibawah komando''Kitchener'',telah menaklukan Mesir sejak tahun 1883,juga bergerak kearah Selatan,akan tetapi terhalang oleh pasukan pasukan Ethiopia dibawah komando para Prancis,yang juga sama sama punya maksud menguasai Sudan Selatan.

Hampir saja terjadi bentrokan sengit antara dua kekuatan Imperialis Barat tersebut,namun bentrokan tidak jadi,karena Prancis menarik pasukannya di bawah komando ''Kol.Marchand'',dengan beberapa alasan dalam negerinya yang kala itu juga sedang menghadapi masalah besar,maka bentrokan Fashoda tidak terjadi.

Dengan kejadian tersebut maka jadilah Inggris sebagai pemenang,dan mengambil alih wilayah wilayah tersebut,dengan ditetapkan nya batas demarkasi wilayah koloni pada ''PerjanjianLondon,ditahun1899,dan yang menentukan adalah Inggris karena sebagai ''pemenang''.
Itulah sekilas dengan krisis Fashoda,yang pernah terjadi di Afrika,intinya adalah :saling berebut wilayah jajahan(koloni)antara Perancis dan Inggris,demikian dan semoga ada manfaatnya.
Enter your email address to get update from alfiforever .
Print PDF

Silakan berkomentar di blog alfiforever,DAN terima kasih,bila telah mengisi form ,dengan saling menghargai !,salam

Copyright © 2013-2016 alfiforever - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger